Hari Ibu Nasional Diperingati Setiap 22 Desember, Simak Latar Belakangan Penetapannya

- 20 Desember 2022, 20:05 WIB
Ilustrasi Hari Ibu Nasional yang diperingati pada 22 Desember.
Ilustrasi Hari Ibu Nasional yang diperingati pada 22 Desember. /Freepik/fwstudio/

 


GALAMEDIA NEWS - Hari Ibu Nasional akhir-akhir ini selali diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

Untuk tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia menetapkan tema Hari Ibu Nasional 2022, yakni Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

Dilansir dinaspppa.acehprov.go.id, peringatan Hari Ibu merupakan upaya meningkatkan kesadaran warga untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam berjuang dan mengisi kemerdekaan.

Peringatan Hari Ibu juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan.

Perjalanan sejarah yang melatarbelakangi Peringatan Hari ibu dari awal ditetapkan hingga kini, memperlihatkan jejak perjuangan perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.  

Baca Juga: Ada Fenomena SOLSTIS 21 Desember 2022 Besok, Benarkah Bahaya Jika Keluar Rumah?

Bibit kebangkitan perjuangan perempuan Indonesia telah dimulai sebelum masa kemerdekaan, ditandai dengan perjuangan pendekar perempuan di berbagai tempat di Indonesia, seperti Cut Nyak Dien di Aceh, Nyi Ageng Serang di Jawa Barat, R.A Kartini di Jawa Tengah, dan masih banyak lagi.

Sejak tahun 1908, banyak lahir perkumpulan perempuan di berbagai tempat, seperti Aisiyah, Wanita Katolik, Putri Merdeka, dan lainnya.

Kemudian pada Kongres Pemuda Indonesia pertama pada 1928 menempatkan perempuan sebagai satu titik sentral pembahasan, mengenai kedudukan perempuan dalam masyarakat Indonesia.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x