INFO GEMPA TERKINI : Beredar Rekaman Detik Detik Gempa 7.9 M di Maluku, BMKG Cabut Peringatan Tsunami

- 10 Januari 2023, 07:26 WIB
Info gempa terkini, BMKG cabut peringatan tsunami gempa dahsyat di Maluku Utara 7.9 M
Info gempa terkini, BMKG cabut peringatan tsunami gempa dahsyat di Maluku Utara 7.9 M /BMKG/


GALAMEDIA NEWS- Gempa terkini yang terjadi di Maluku Utara sebelumnya disebutkan akan berpotensi tsunami setelah terjadi gempa besar 7.9 Magnitudo.

Gempa dinihari tadi di Maluku terasa hingga Kendari dan beberapa wilayah lainnya cukup membuat panik warga yang sedang tidur.

Bahkan di beberapa media sosial seperti yang diunggah akun instagram @kabarnegeri, dipertunjukan adanya kepanikan warga pada saat gempa terjadi terlihat orang berlarian saat gempa terjadi.

Baca Juga: Gong Xi Fa Cai, 9 Rekomendasi Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 Pembawa Hoki

Kemudian suara klakson dibunyikan dan juga alarm mobil, beberapa warga berteriak gempa gempa.

Terlihat dalam video tersebut beberapa lampu PJU bergoyang kencang, diantara pekerja yang saat gempa itu terjadi berhenti dan berlari ke tanah lapang.

"Terekam saat gempa 7.9 di Pelabuhan Tual Maluku Tenggara. Semoga Allah melindungi kita semua," tulis @kabarnegeri seperti dikutip Galamedia News, Selasa 10 Januari 2023 pagi.


BMKG Cabut Peringatan Tsunami

BMKG telah mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa magnitudo 7,5 Maluku Tenggara. Status peringatan dini tsunami ini dicabut usai 3 jam setelah gempa terjadi.

"Peringatan dini tsunami akibat gempa Laut Banda M 7,9 dinyatakan telah berakhir. Pada pukul 03.43 WIB, Selasa 10 Januari 2023," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Untuk diketahui, gempa M 7,5 itu terjadi pukul 00.47 WIB. Sehingga peringatan dini diberlakukan selama 3 jam hingga waktu berakhir.

BMKG melakukan monitoring permukaan air laut usai gempa M 7,5 di Maluku. BMKG menyampaikan per pukul 03.00 WIB tidak terjadi tsunami akibat gempa kuat itu.

Baca Juga: GEMPA Kemarin Jawa Timur Terasa hingga Jogja, Wonosobo, Daryono : Ini Penyebab Gempa Jatim

"Berdasarkan hasil pengamatan tide gauge di sekitar sumber gempa, hingga pukul 03.00 WIB tidak tercatat adanya perubahan tinggi muka air laut yang signifikan (tidak terjadi tsunami)," katanya. BMKG mencatat sejauh ini ada empat gempa susulan yakni magnitudo 5,5, magnitudo 4,8, magnitudo 4,5, dan magnitudo 4,1.

Daryono mengatakan, ada pemutakhiran episenter gempa menjadi M 7,5. Berdasarkan hasil analisis, gempa yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Daryono. Gempa terjadi sekira pukul 01.47 Wita. Adapun titik gempa berlokasi di Kepulauan Tanimbar, dengan kekuatan 131 kilometer.

Sebelumnya dikabarkan terjadi gempa di wilayah Maluku Utara terjadi pada Selasa 10 Januari 2023 dinihari. Berpotensi Tsunami.

Mnurut BMKG pusat gempa berada di Pantai Maluku Barat Daya Maluku tepatnya pada pukul 00.47.34 WIB.

BMKG sebut Maluku Utara terjadi gempa hari ini berkekuatan sangat kencang yakni 7.5 Mangitudo.

Baca Juga: BMKG, Maluku Utara Gempa Hari Ini Kekuatan 7.9 M, BERPOTENSI TSUNAMI, Daryono Ungkap Penyebabnya


Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x