Ternyata Ini Penyebab Gempa Mag 6.2 Singkil Aceh Tadi Pagi, BMKG dan Badan Geologi Sebut Aceh Rawan Tsunami

- 16 Januari 2023, 10:18 WIB
Gempa Singkil Aceh berkekuatan sangat kencang mag 6.2, inilah analisis, penyebab gempa Singkil yang rawan Tsunami
Gempa Singkil Aceh berkekuatan sangat kencang mag 6.2, inilah analisis, penyebab gempa Singkil yang rawan Tsunami /BMKG



GALAMEDIA NEWS- Gempa Mag 6.2 Singkil Aceh yang terjadi pada Senin, tanggal 16 Januari 2023, pukul 05:30:01 WIB diungkap penyebab dan dampak oleh Badan Geologi dan BMKG. Singkil Aceh dikenal rawan tsunami.

BMKG menyebut bahwa gempa Singkil Acehh dengan Magnitudo 6.2 tersebut cukup kencang pusat gempa bumi terletak di laut pada koordinat 97,83 BT dan 1,91 LU, berjarak sekitar 41,3 km selatan Kota Singkil Baru (ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Sumatera Aceh), dengan magnitudo M6,2 pada kedalaman 54 km.

Gempa Singkil Aceh, menurut informasi dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 98,014 BT dan 2,004 LU dengan magnitudo Mag 6.2 pada kedalaman 37 km. Meski rawan tsunami namun BMKG tidak memberikan peringatan tsunami.

Baca Juga: Terkini BMKG, Gempa Bumi Aceh Terjadi Lagi Hari Ini, Magnitudo 6,2 Pusat di Laut, Berpotensi Tsunami?

Berdasarkan data GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 97,93 BT dan 2,04 LU, dengan magnitudo M6,2 pada kedalaman 10 km.

Penyebab gempa Singkil

Dijelaskan Badan Geologi melalui siarna persnya lokasi pusat gempa terletak dekat wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Morfologi wilayah tersebut berupa dataran hingga dataran bergelombang yang berbatasan dengan perbukitan bergelombang hingga terjal pada bagian timur.

Wilayah ini secara umum tersusun oleh batuan berumur Pra Tersier berupa batuan metamorf dan meta sedimen, batuan berumur Tersier berupa batuan sedimen, serta endapan Kuarter berupa endapan aluvial pantai, sungai dan rawa.

Sebagian batuan berumur Pra Tersier dan Tersier tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan Kuarter, batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

Selain itu pada morfologi perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan berpotensi terjadi gerakan tanah yang dapat dipicu oleh guncangan gempa bumi kuat dan curah hujan tinggi.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x