Gunung Semeru Meletus Barusan, PVMBG Minta Waspada Awan Panas Guguran, Foto Lava Pijar Terlihat dari Puncak

- 19 Januari 2023, 08:18 WIB
Gunung Semeru meletus, terlihat lava pijar di puncak Gunung Semeru. Berita gunung Semeru meletus tersebut disampaikan oleh PVMBG Badan Geologi
Gunung Semeru meletus, terlihat lava pijar di puncak Gunung Semeru. Berita gunung Semeru meletus tersebut disampaikan oleh PVMBG Badan Geologi /pvmbg



GALAMEDIA NEWS- Gunung Semeru meletus kembali sejak Kamis 19 Januari 2023 sekitar pukul 06.23 WIB.

Gunung Semeru meletus tersebut diinformasikan langsung oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) barusan.

Warga pun meminta agar waspada atas gunung Semeru yang meletus kembali, PVMBG pun meminta agar masyarakat tak melakukan aktivitas di jarak 500 meter dan ditepi sungai Besuk Kobokan.

Baca Juga: Masih Mau Begadang? Simak Dampak Buruk Kebiasaan Tidur hingga Larut Malam Ini

 

Lava Pijar Meleleh

PVMBG pun memperlihatkan mengenai letusan gunung Semeru, bahkan dalam foto yang dibagikan kepada awak media terlihat lelehan lava pijar terlihat dari puncak gunung Semeru.

PVMBG Badan Geologi menyebutkan Gunung Semeru teramati guguran lapa pijar tersebut dengan jarak luncur 800 hingga 1000 meter dari kawah aktif.

Dari itulah PVMBG meminta tetap waspada karena ada potensi awan panas guguran jika terjadi penumpukan material lava disepanjang bibir kawah sampai ke ujung lidah lava.

Tidak hanya itu juga tidak tertutup kemungkinan mengalir lahar disepanjang aliran sungai, terutama di sungai Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat.

Kemudian potensi lahar pada sungai sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: PVMBG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x