Jelang Idul Adha, DPKH Pastikan Hewan Kurban di Subang Sehat

- 20 Juli 2020, 15:09 WIB
 Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Subang sedang memeriksa sapi untuk keperluan kurban. (Dally Kardilan)
Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Subang sedang memeriksa sapi untuk keperluan kurban. (Dally Kardilan) /


GALAMEDIA - Idul Adha hitungan hari atau 10 hari lagi dan sudah banyak pedagang hewan kurban yang menawarkan baik secara langsung maupun daring. Bahkan jajaran kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Subang terus melakukan pemeriksaan kelayakannya.

“Kami jamin pak, selain sehat juga aman dan sudah cukup umur,“ kata Ahmad, salah seorang pedagang.

Sebab, semua hewan dagangannya sudah diperiksa oleh petugas dari DPKH Subang, secara telitk dan diberi label dengan kalung sehat saat ditemui di Pasar Hewan, Purwadadi, Subang, Senin, 20 Juli 2020.

Baca Juga: Achmad Purnomo Kaget dan Kecewa Dipecundangi 2 Kali di Pilkada

Kepala DPKH Subang, Bambang Suhendar melalui petugas Keswan, drh. Sukirman membenarkan kalau pihaknya terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan hewan untuk kepentingan ibadah kurban.

“Sampai saat ini pun kita terus periksa dan bersyukur belum ditemukan adanya hewan kurban yang sakit dan belum cukup umur,“ ujarnya,

Pemeriksaan, lanjutnya, sudah dilakukan sejak awal Juli  dengan memasang kalung sehat bagi hewan baik sapi maupun domba atau kambing yang telah diperiksa.

Baca Juga: Berkat Peta, Polisi Temukan Penyimpanan Sabu-sabu

Hanya saja kondisi pada tahun ini berbeda karena adanya pandemi Covid-19 sehingga diperlukan pengawasan ketat guna mencegah munculnya penyakit hewan menular dan zoononis, menciptakan jaminan keamanan pangan bagi masyarakat penerima daging kurban, serta pelaksanaan kurban harus memperhatikan protokol kesehatan.

Jaminan yang diberikan jajaran DPKH Subang ini selain pemeriksaan yang cermat juga ditunjang dari  petugas perhimpunan dokter hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jabar 8. Jumlah hewan yang telah diperiksa untuk sementara ini mencapai 6.300 ekor dengan sasaran atau proyeksi proyeksi 10 ribu hewan qurban, baik hewan jenis sapi, kerbau maupun kambing atau domba.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi  didampingi Sekda, H.Aminuddin sebelumnya di halaman Pemkab Subang melepas resmi tim pemeriksa kesehatan hewan qurban dengan ditandai dengan penyerahan alat pemeriksaan hewan.

Baca Juga: Kelola Dana Ratusan Triliun, Erick Thohir Jadi Ketua Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Corona

“Kita optimis dengan terjunnya petugas pemeriksa hewan sebanyak 70 orang baik tenaga medis maupun para medis, kesehatan hewan terutama untuk kebutuhan qurban di wilayah Subang, sehat dan aman dikonsumsi,“ ujarnya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x