Tanggapi Skor IPK Anjlok, Presiden Jokowi Yakin Buronan Korupsi Pasti Ditemukan

- 8 Februari 2023, 15:48 WIB
Foto Presiden Jokowi
Foto Presiden Jokowi /BPMI Setpres/

GALAMEDIANEWS - Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan keyakinannya bahwa aparat penegak hukum dapat menemukan dan menangkap para buronan tindak pidana korupsi

"Bahwa ada yang sudah setahun belum ditemukan, ada juga yang 6 bulan, tapi ada juga yang belum ditemukan. Kalau barangnya ada, ya harus dicari," kata Presiden Jokowi, Selasa, di Istana Kepresidenan, Jakarta. Sebagaimana dikutip melalui berita ANTARA News pada Rabu 8 Februari 2023

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers menanggapi penurunan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2022 bersama dengan Jaksa Agung S.T. Burhanuddin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Ketua KPK Firli Bahuri dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Ada 21 tersangka yang masih dalam pengejaran. Dari 21 orang tersebut, 17 orang dapat ditangkap, sehingga menyisakan empat orang," kata Firli Bahuri.

Baca Juga: Korupsi Lukas Enembe: Penyidik KPK Menyita Satu Unit Mobil Toyota Fortuner dari Saksi

Firli mengatakan bahwa buronan terakhir yang ditangkap oleh KPK adalah Isil Azhar, yang merupakan tersangka dalam kasus gratifikasi yang melibatkan Irwandi Yusuf, yang memerintah provinsi Aceh antara tahun 2007 dan 2012.

Izil Azhar ditangkap pada tanggal 24 Januari 2023 oleh polisi Jatanras di Simpang Lima, Banda Aceh.

"Tersangka (Izil Azhar) ditangkap di Aceh dan saat ini sedang diproses hukum. Sementara itu, empat orang lainnya sedang kami cari, yaitu HM, RHP, PT, dan KK," tambah Firli.

Menurut Firli, KPK mengalami kesulitan untuk menangkap para buronan korupsi, salah satunya karena mereka berganti-ganti nama.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x