MITOS atau FAKTA Mobil Listrik Ramah Lingkungan? Simak Penjelasannya

- 17 Februari 2023, 16:44 WIB
Ilustrasi mobil listrik /Unsplash Jenny Ueberberg 
Ilustrasi mobil listrik /Unsplash Jenny Ueberberg  /

GALAMEDIANEWS - Isu kelangkaan dan besarnya subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang ditanggung pemerintah menjadi pembicaraan hangat saat ini. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan alternatif kendaraan berbahan bakar non-fosil serta ramah lingkungan.

 


Ramah lingkungan yang dimaksud tidak hanya meminimalisir polusi udara, tetapi juga meminimalisir polusi suara akibat gesekan mesin.

Salah satu jawaban dari tantangan itu adalah penggunaan kendaraan listrik. Ya, pemerintah saat ini sedang gencar mengembangkan kendaraan seperti motor, mobil dan bus berbasis listrik. Kendaraan ini diklaim ramah lingkungan. Namun, benarkah hal tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Pisang Goreng Dinobatkan Sebagai Hidangan Goreng Terbaik di Dunia


Mengenal Konsep Mobil Listrik

 


Pada dasarnya mobil listrik merupakan jenis mobil yang digerakan dengan motor listrik. Energi listrik diubah menjadi energi mekanik melalui motor listrik untuk menggerakan mobil. Motor ini juga yang mendapat suplai energi dari baterai yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi. Baterai tersebut dapat diisi ulang apabila energi listrik dalam baterai telah habis.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: AFDC Energy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x