Memori Handphone Penuh! INI DIA CARA SIMPAN Foto Lebaran Idul Fitri di Berbagai Layanan 'Cloud'

- 12 April 2024, 15:36 WIB
Ilustrasi momen Lebaran 2024.
Ilustrasi momen Lebaran 2024. /Freepik/

GALAMEDIANEWS - Banyak momen pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang diabadikan banyak orang melalui kamara ponsel. Masalahnya, kapasitas memori handphone ini sangat terbatas. Terlebih, format video yang bisa memakan banyak tempat.

Sangat disayangkan apabila foto ataupun video yang telah dibuat harus dihapus karena keterbatasan memori handphone. Karena itu, sebaiknya menyimpan hasil gambar ke dalam layanan cloud atau awan komputasi dapat membantu untuk mengurangi memori ponsel pintar tersebut.

Berikut cara untuk menyimpan data di beragam layanan cloud yang bisa diakses lewat ponsel pintar dan gawai lainnya yang dikutip Galamedianews dari Antara, Jumat 12 April 2024:

1.Google Photos

Untuk gawai dengan sistem operasi Android, lewat ponsel atau tablet Android anda, buka aplikasi Google Foto.

Setelah itu pengguna bisa masuk ke akun Google milik anda.

Pilih foto dan video yang ingin dicadangkan dengan menekan lama foto dan video tersebut. Di bagian bawah, pilih "Cadangkan".

Cara yang sama juga berlaku untuk gawai dengan sistem operasi iOS yang membedakan ialah perangkat yang digunakan bernama iPad atau iPhone.

Foto yang disimpan di Google Photos nantinya akan tersimpan sebagai bagian dari penyimpanan cloud Google dari akun anda, apabila anda tidak berlangganan paket penyimpanan maka artinya anda menggunakan penyimpanan "basic" yang disediakan Google sebesar 15 GB.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah