Ingin Posting Main Gitar ke YouTube? Pahami Teknik Recording Ini

- 4 Maret 2024, 16:08 WIB
Merekam Permainan Gitar.
Merekam Permainan Gitar. /pexels @Firmbee/

GALAMEDIANEWS - Anda bisa bermain gitar dan akan mengupload permainan gitar ke YouTube? Bila demikian, agar suara gitar bagus dan nyaman didengar, maka harus memahami teknik recording.

Ada tiga alat yang umum digunakan untuk merekam suara permainan gitar. Yaitu, dengan microphone, piezo, atau pickup. Cara kerja setiap alat ini berbeda.

Microphone tentunya tidak asing lagi bagi kita. Alat ini mengubah suara menjadi gelombang listrik sehingga volumenya bisa dinyaringkan.

Piezo adalah alat yang dimasukkan ke dalam body gitar. Beberapa produk gitar ada yang dilengkapi fitur piezo. Sedangkan pickup dipasang di lubang gitar sehingga alat musik petik ini terlihat mirip gitar listrik. Kang Ikang, seorang pemain gitar, menuturkan peruntukan tiga alat tersebut.

"Kalau mau buat recording, direkamnya pakai microphone. Cari posisi microphone yang suara gitarnya bagus," tutur pria yang pernah beberapa kali pentas di panggung ini. "Suaranya lebih bagus, treble dan bassnya terasa," ujar pria yang mulai bermain gitar sejak umur 10 tahun ini.

Sedangkan untuk tampil live, bisa menggunakan pick up atau piezo. Ada kelebihan dan kekurangannya juga.

Baca Juga: Ingin Belajar Menjahit yang Mudah? Kunjungi Channel YouTube Ini

"Berdasarkan pengalaman, kalau mau live bisa pakai pickup atau pirzo. "Tapi suaranya nggak sebagus yang pakai microphone , tapinya bisa leluasa di panggung. Kalau main gitarnya gerak-gerak, cocok sih pakai itu," ujarnya.

Kang Ikang lalu memaparkan perbedaan piezo dengan pickup. "Pickup ini sih kalau ada vokalnya. Kalau yang pierzo, lebih ke solo instrumen gitar. Ini juga pasang pickup-nya lumayan susah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x