Bank Ini Jadi Solusi Sampah di Kota Bandung

- 23 Februari 2023, 08:18 WIB
Ilustrasi sampah plastik hasil pemilahan.
Ilustrasi sampah plastik hasil pemilahan. /Pexels/Magda Ehlers/

 

GALAMEDIANEWS –  Sampah Kota Bandung saat ini dibuang ke TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Namun tidak lama lagi, TPA Sarimukti akan habis masa pakainya.

Rencananya, setelah TPA Sarimukti ditutup, Bandung akan membuang sampah ke TPA Legok Nangka. Namun hingga saat ini, TPA Legok Nangka belum selesai dibangun.

Dudy Prayudi Kepala DLH Kota Bandung mengatakan, sampah Kota Bandung yang dibuang ke TPA Sarimukti, terus meningkat. Karenanya mengaku terus mendorong segera di oprasikannya TPA Legok Nangka. 

Baca Juga: Perilaku Anak Sering Menangis atau Marah Mendadak, Kenali Penyebabnya

"Kita berharap bisa dioperasikan secepat mungkin. Kita menunggu dari provinsi (Jawa Barat)," ungkapnya pada acara Bandung Menjawab 17 Februari 2023.

Dengan kondisi tersebut, cepat atau lambat Bandung akan menghadapi bencana. Seperti yang pernah terjadi pasca ditutupnya TPA Leuwigajah akibat bencana longsor yang banyak menelan korban jiwa. Perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah diharap dapat menekan volume pembuangan ke TPS.

Bank sampah merupakan salah satu solusi yang dinilai praktis dan dapat memberikan dampak positif  baik untuk masyarakat juga untuk lingkungan.

Baca Juga: Rekomendasi, 5 SMA Negeri Terbaik di Kota Cimahi Versi LTMPT

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x