Surat Perintah Penangkapan Putin atas Kejahatan Perang Terbit, Presiden China Xi Jinping Kunjungi Moskow

- 18 Maret 2023, 20:41 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping bersalaman
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping bersalaman /


GALAMEDIANEWS - Rencana Presiden China Xi Jinping untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pekan depan menyoroti aspirasi China untuk peran yang lebih besar di panggung dunia.

Namun mereka juga mengungkapkan bahaya diplomasi global: beberapa jam setelah pengumuman perjalanan hari Jumat, surat perintah penangkapan internasional dikeluarkan untuk Putin atas tuduhan kejahatan perang.

Kesibukan perkembangan - yang mengikuti perantara China atas kesepakatan antara Arab Saudi dan Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan melepaskan apa yang disebutnya sebagai "rencana perdamaian" untuk Ukraina - datang ketika pemerintahan Joe Biden mengawasi dengan waspada langkah Beijing untuk menegaskan dirinya lebih kuat dalam urusan internasional.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia percaya keputusan oleh Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag untuk menuntut Putin itu "dibenarkan".

Berbicara kepada wartawan ketika dia meninggalkan Gedung Putih ke rumahnya di Delaware, dia menilai Putin telah "jelas melakukan kejahatan perang".

Baca Juga: HASIL ALL ENGLAND 2023, Rehan-Lisa Tumbang di Semifinal

Sementara AS tidak mengakui pengadilan, Biden mengatakan "membuat poin yang sangat kuat" untuk memanggil pemimpin Rusia atas tindakannya dalam memerintahkan invasi ke Ukraina.

Pejabat AS lainnya secara pribadi menyatakan kepuasan bahwa badan internasional telah setuju dengan penilaian Washington bahwa Rusia telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Ukraina.

Ditanya tentang pertemuan Xi-Putin, Biden berkata, "Baiklah, kita akan lihat kapan pertemuan itu berlangsung."

Pemerintahan Biden percaya keinginan China untuk dilihat sebagai perantara perdamaian antara Rusia dan Ukraina dapat dilihat lebih kritis sekarang karena Putin secara resmi menjadi tersangka kejahatan perang, menurut dua pejabat AS.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: newstalkzb


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x