Partai Republik Tolak Penundaan Pilpres AS, Donald Trump: Saya Tak Ingin Menunda!

- 31 Juli 2020, 22:43 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /


GALAMEDIA - Sejumlah petinggi Partai Republik yang menaungi Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menolak mentah-mentah rencana penundaan Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020 pada 3 November mendatang.

Senate Majority Leader, Mitch McConnell, dan House Minority Leader, Kevin McCarthy, keduanya tidak setuju dengan gagasan Trump.Dikutip dari BBC, Trump tidak memiliki wewenang menunda pemilihan, lantaran penundaan ini harus disetujui Kongres.

Sebelumnya, Donald Trump ingin menunda Pilpres AS pada November mendatang lantaran khawatir akan penipuan dan hasil tidak akurat. Sebab pemungutan suara rencananya akan digelar melaui pos. Dia ingin menunda sampai masyarakat bisa memilih secara benar dan aman.

Baca Juga: Sempat Buron ke Luar Negeri, Djoko Tjandra kini Jadi Penghuni Rutan Salemba

Ada sedikit bukti untuk mendukung klaim Trump, tetapi dia memang sudah lama menentang pemilihan melalui pos. Sama halnya dengan klaim saat ini, menurutnya pemilihan semacam itu akan rentan terhadap penipuan.

Di sisi lain, negara-negara bagian AS ingin melakukan pemungutan suara melalui email. Karena dinilai lebih mudah karena untuk menghindari krisis kesehatan terkait pandemi corona.

Intervensi Trump terkait pemilu muncul ketika ekonomi AS mengalami kontraksi terburuk sejak Depresi Hebat 1930-an.

Baca Juga: Diancam Somasi Pemprov DKI, Ike Muti Dapat Dukungan Sejumlah Artis

Senator McConnell mengatakan AS belum pernah menunda pemilu sampai detik ini. "Tidak pernah dalam sejarah negara ini, perang, depresi, dan Perang Sipil, apakah kita tidak pernah memiliki pemilihan federal yang dijadwalkan tepat waktu."

"Kami akan menemukan cara untuk melakukan itu lagi pada 3 November ini," katanya kepada stasiun lokal di Kentucky, WNKY.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X