Profil Walikota Bandung Yana Mulyana Kena OTT KPK Terkait Dugaan Kasus Korupsi Program Bandung Smart City

- 16 April 2023, 08:58 WIB
Yana mulyana kena ott KPK dan banyak kepala daerah yang diciduk kpk karena kasus tindak pidana korupsi
Yana mulyana kena ott KPK dan banyak kepala daerah yang diciduk kpk karena kasus tindak pidana korupsi /Instagram @kangyanamulyana/

GALAMEDIANEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Walikota Bandung Yana Mulyana pada hari Jumat, 14 April 2023.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap 9 orang yang melakukan tindak pidana korupsi. Penangkapan tersebut termasuk seorang pejabat tinggi pemerintah Walikota Bandung Yana Mulyana yang terlibat dalam skandal suap

Baca Juga: Resmi Jadi Tersangka Kasus Korupsi! Berikut ini Profil Walikota Bandung Yana Mulyana

Yana Mulyana Walikota Bandung ini diduga menerima suap dari para penyedia barang dan jasa sebagai imbalan atas dipilihnya mereka sebagai kontraktor proyek-proyek pekerjaan umum.

KPK juga mengamankan barang bukti uang dalam OTT terhadap Yana Mulyana, yang merupakan pelanggaran terhadap Tindak Pidana Pencucian Uang Walikota Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku prihatin dengan kondisi Kota Bandung saat ini. Hal ini dikarenakan Wali Kota Bandung Yana Mulyana tersangkut kasus korupsi.

"Sebagai gubernur, saya sangat prihatin. Sebagai mantan Walikota Bandung dan pejabat saat ini, saya sedih. Sulit untuk mengatakan perasaan itu. Saya sangat prihatin sebagai pejabat," kata Ridwan Kamil Sabtu, 15 April 2023.

Ridwan Kamil telah bertemu dengan Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna untuk memastikan bahwa pelayanan publik tidak akan terganggu.

Baca Juga: Tok, Yana Mulyana Walikota Bandung Tersangka Korupsi Bandung Smart City

Kang Emil meminta kepada kepala daerah lainnya di Jawa Barat untuk menjaga integritas dan memastikan bahwa OTT terhadap Yana adalah yang terakhir di Jawa Barat.

Yana Mulyana, seorang kader Gerindra, tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diduga menerima suap terkait pengadaan CCTV dan penyedia jasa internet dalam program Bandung Smart City.

“Kami akan segera melakukan penyelidikan tentang penangkapan tersebut dan akan menentukan posisi kami mengenai masalah ini dalam waktu 24 jam. Kami akan terus menginformasikan perkembangannya,” Kata jubir KPK Ali Fikri.

Profil Walikota Bandung Yana Mulyana

Berikut biodata dan jejak karir Walikota Bandung Yana Mulyana yang terciduk OTT KPK.

Yana Mulyana lahir pada tanggal 17 Februari 1965. Beliau adalah seorang pengusaha dan politisi yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung untuk sisa masa jabatan 2018-2023.

Oded Muhammad Danial telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Bandung dalam Pilwalkot 2018.

Baca Juga: Walikota Bandung Yana Mulyana Ditangkap KPK, Pemkot Bandung Ikuti Aturan Kemendagri Terkait Siapa Penggantinya

Ia adalah putra dari Soepardjo, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil walikota Bandung. Beliau adalah tokoh bisnis yang dikenal dengan bisnis properti dan pendiri radio Rase FM sejak 1987.

Di luar kegiatan bisnisnya, beliau pernah memimpin sejumlah organisasi, termasuk Ketua PSSI Kota Bandung dan REI Jawa Barat.***

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Twitter @emerson_yuntho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x