Frustasi Banyak Orang Bandel Enggan Pakai Masker, Satgas Covid-19 Ingin Libatkan Anak SD Sosialisasi

- 9 Agustus 2020, 23:20 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo. //BNPB

GALAMEDIA - Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta kaum wanita dan anak-anak berperan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak orang yang membandel enggan memakai masker.

"Karena biasanya wanita atau perempuan dan ibu-ibu justru lebih efektif ketika berpesan kepada anaknya, kepada mereka yang usianya masih lebih muda," kata Doni Monardo seperti yang ditayangkan YouTube BNPB, Ahad 9 Agustus 2020.

Doni Monardo yakin strategi sosialisasi masker ini bakal efektif. Doni Monardo juga bicara soal anak sekolah dasar (SD).

Baca Juga: Hadi Pranoto Gugat Rp 150 Triliun, Ini Respons CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid

"Kami yakin ini akan juga sangat efektif, termasuk anak-anak, terutama pelajar SD karena biasanya kalau pelajar SD ini sudah memahami apa yang menjadi ketentuan, dia akan menyampaikan kepada orang tuanya dan ketika orang tuanya tidak patuh atau tidak mau, maka anak ini akan menegur orang tuanya," ucap dia.

"Kita tidak bisa hanya mengandalkan 1-2 kelompok saja, tetapi dari seluruh sektor harus kita lakukan, memilih orang-orang yang tepat, termasuk anak-anak dalam perubahan perilaku ini sangat-sangat penting sekali," tegas Doni Monardo.

Doni meminta pihak-pihak terkait memilih orang yang tepat untuk mengedukasi dan menyosialisasikan masker.

Baca Juga: Heboh, Bill Gates Sebut Tes Covid-19 di Amerika Serikat Mayoritas Sampah, Hanya Buang Uang Percuma

"Kesadaran untuk menggunakan masker ini masih sangat kurang, padahal 90 persen masyarakat kita sudah tahu bahwa menggunakan masker salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari seseorang tertular Covid. Tetapi, yang patuh mengikutinya kurang dari 50 persen," kata

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X