Hubungan Yamitema Laoly Anak Menkumham dengan Jeera Foundation, Diduga Monopoli Bisnis Koperasi di Lapas

- 3 Mei 2023, 15:09 WIB
Menkumham Yasonna Laoly tepis tuduhan anaknya terlibat  praktek monopoli bisnis koperasi Lapas
Menkumham Yasonna Laoly tepis tuduhan anaknya terlibat praktek monopoli bisnis koperasi Lapas /Antara/

GALAMEDIANEWS -  Beredar sebuah isu adanya dugaan keterlibatan anak Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, dalam praktek monopoli pada bisnis koperasi dan kantin di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Hal tersebut diungkapkan oleh aktor senior Tio Pakusadewo dalam YouTube Uya Kuya.

Isu tersebut didasari pada yayasan bernama Jeera Foundation yang telah lama bekerjasama dengan berbagai Lapas yang kewenangannya berada di bawah Kemenkumham.

Disinyalir, Jeera Foundation melakukan monopoli bisnis koperasi dan kantin di berbagai Lapas. Anak Menkumham, bernama Yamitema Laoly  diduga terlibat dalam yayasan tersebut.

Menanggapi isu tersebut, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly, membantah keterlibatan anaknya dalam yayasan Jeera Foundation yang selama ini bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan yang berada di bawah Kemenkumham.

Menkumham Yasonna Laoly, menjelaskan bahwa Jeera Foundation merupakan yayasan yang memberikan pelatihan kepada para napi di Lapas. pelatihan yang diberikan diantaranya menjadi barista, pengrajin kulit, dan produk kerajinan tangan lainnya.

"Yayasan (Jeera) ini (memang) ada, bukan dia (Yamitema) ada di situ. Yayasan kerja sama dengan lapas melatih napi untuk ada yang jadi barista, (kerajinan) kulit, kalau kalian lihat ada produk-produk kulit, nah mereka itu," kata Yasonna.

Baca Juga: KPK Hadirkan 8 Ahli dan Yakin Hakim Tolak Isi Permohonan Praperadilan yang Diajukan Pihak Tersangka Lukas Enem

Lanjutnya, Yasonna membantah keterlibatan anaknya adalah yayasan tersebut, ia menyebutkan adanya yayasan Jeera, tapi tidak dengan anaknya, Yamitema Laoly.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x