Puan Maharani Mendukung Partisipasi Aktif Pemuda ASEAN

- 9 Mei 2023, 20:19 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani (kanan) selaku ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) President berjalan bersama Sekjen AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman (kiri) sebelum rapat persiapan AIPA dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani (kanan) selaku ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) President berjalan bersama Sekjen AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman (kiri) sebelum rapat persiapan AIPA dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. /ANTARA/


GALAMEDIANEWS - Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Ketua ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), akan mendukung partisipasi aktif para pemuda ASEAN ketika organisasi kerjasama regional ini mengadakan pertemuan puncak.
 


Hal tersebut disampaikan Puan Maharani saat menerima kunjungan kehormatan Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman, Anggota Parlemen Brunei Darussalam dan Sekretaris Jenderal AIPA, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Plattsburgh. KTT ASEAN pada hari Selasa di Plataran Komodo Resort & Spa, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Puan Maharani lebih lanjut mengatakan bahwa AIPA Youth Standing Committee dapat mendorong kualitas generasi muda dalam hal teknologi digital dan penggunaannya.
 
Baca Juga: Cara Mudah Beli Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Presale 17-18 Mei 2023, Ini Daftar Harganya

"Komite ini akan memberikan ruang bagi partisipasi aktif pemuda dalam pembangunan ASEAN. Hal ini bertujuan untuk menghimpun ide, pendapat dan aspirasi anak muda yang merupakan pemimpin masa depan," katanya dalam keterangan tertulis.

Partisipasi pemuda Asia Tenggara menjadi penting dalam semua keputusan yang akan digagas oleh komite tersebut.

Oleh karena itu, Puan Maharani menyerukan agar gagasan Youth Standing Commitee diadopsi dalam Sidang Umum Ke-44 AIPA yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 5-10 Agustus 2023.

Resolusi tersebut diharapkan dapat menjadi panduan bagi negara-negara anggota AIPA untuk mengembangkan kebijakan kepemudaan di kawasan maupun di luar kawasan.
 
Baca Juga: Ide Bisnis 2023, Resep Bakso Mercon Pedas Gila Dijamin Pembeli Ketagihan

"Resolusi tersebut harus membahas sejumlah isu penting yang mempengaruhi pemuda di Asia Tenggara, seperti pendidikan, kesempatan kerja, kewirausahaan, akses terhadap teknologi, informasi, hak asasi manusia, dan kelestarian lingkungan," katanya.

Untuk diketahui, KTT ASEAN ke-42 dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo. Provinsi Nusa Neggara Timur

Para pemimpin ASEAN dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan secara tatap muka dengan perwakilan AIPA mulai pukul 09.45 WITA pada hari Rabu, 10 Mei 2023. ***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x