Walhi Jabar Beri Saran ke Ema Sumarna, Lanjutkan Program Ini Untuk Atasi Sampah Kota Bandung

- 9 Mei 2023, 20:36 WIB
Plh Walikota Bandung Ema Sumarna saat berkunjung ke TPS, Penanganan sampah di Kota Bandung sudah harus menggunakan sentuhan teknologi tidak hanya dibuang lalu ditimbun
Plh Walikota Bandung Ema Sumarna saat berkunjung ke TPS, Penanganan sampah di Kota Bandung sudah harus menggunakan sentuhan teknologi tidak hanya dibuang lalu ditimbun /Pemkot Bandung

GALAMEDIANEWS - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) ingatkan pemerintah kota (Pemkot) Bandung untuk melanjutkan program Kang Pisman atau Kurang, Pisahkan, dan Manfaatkan.

Direktur Walhi Jabar, Meiki W. Paendong, program Kang Pisman merupakan rencana lama yang sudah dibuat dari tahun 2018.

Selain itu, kata Meiki, program kang Pisman merupakan program unggulan yang dibuat untuk menanggulangi permasalah sampah yang menumpuk di Kota Bandung.

"Kang Pisman merupakan kontribusi mang Oded (Alm). Tapi sayangnya sudah ada model dan program yang baik tetapi tidak dilanjutkan," ujar Direktur Walhi Jabar, Meiki W Paendong saat dihubungi pada Selasa, 9 Mei 2023.

Baca Juga: Cara Mudah Beli Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Presale 17-18 Mei 2023, Ini Daftar Harganya

Meiki menilai, beberapa model dipelaksanaan kang Pisman itu sudah bisa katakan berhasil. Tetapi implementasi lebih dimasifkan ke kelurahan, seperti RT/RW.

Oleh sebab itu, Meiki menjelaskan, pemangku kebijakan yang mempunyai kewenangan kewilayahan harus inisiatif. Atau memberikan instruksi bagi Dinas Lingkungan Hidup (LH) bisa masuk kewilayahan tingkat RT /RW.

"Sekarang ini tergantung pemangku jabatan yang mempunyai wilayah mengintrusikan misalnya, Dinas Lingkungan Hidup, untuk masuk ke sektor kewilayahan karena mereka pelaksana teknis," ucap Meiki.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x