Hari Pertama KTT ASEAN 2023, Para Pemimpin ASEAN Keluarkan Pernyataan Bersama

- 10 Mei 2023, 21:48 WIB
Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin negara-negara peserta KTT ke-42 ASEAN menaiki kapal pinisi untuk menyaksikan keindahan alam Labuan Bajo. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym
Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin negara-negara peserta KTT ke-42 ASEAN menaiki kapal pinisi untuk menyaksikan keindahan alam Labuan Bajo. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym /

 

GALAMEDIANEWS - Hadapi tantangan di kawasan, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk mempertahankan sentralitas, persatuan, dan relevansi.

“Akan menggandakan upaya memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN guna mengatasi tantangan saat ini dan masa depan, serta menanggapi krisis secara tepat waktu,” kata para pemimpin ASEAN dalam pernyataan bersama yang dirilis pada hari pertama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu 10 Mei 2023.

Peningkatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN tersebut dinilai sangat penting untuk membangun komunitas yang damai, stabil, aman, sejahtera, dan tangguh.

“ASEAN yang diperkuat akan ditingkatkan dengan kemampuan untuk mengembangkan lembaga-lembaga yang tangkas, yang akan mampu secara efektif menanggapi situasi-situasi mendesak secara tepat waktu, untuk menjaga perdamaian dan keamanan, serta memastikan kemakmuran rakyat kita,” demikian bunyi Pernyataan Pemimpin ASEAN tentang Penguatan Kapasitas dan Efektivitas Kelembagaan ASEAN.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2023 Terbaru Malam Ini, Indonesia Kembali Naik Peringkat Berkat Pencak Silat

Lewat Satuan Tugas Tingkat Tinggi untuk Visi Masyarakat ASEAN Pasca-2025 (HLTV-ACV), organisasi regional tersebut kini tengah menyusun arah strategis ASEAN dalam dua dekade mendatang hingga 2045.

Visi tersebut disusun dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip Piagam ASEAN serta mengonsolidasikan proses integrasi menuju komunitas ASEAN yang berbasis aturan dan berorientasi pada rakyat Asia Tenggara.

Para pemimpin ASEAN juga sepakat untuk memperkuat mekanisme dan proses yang dipimpin ASEAN ketika berhubungan dengan mitra eksternal serta dalam arsitektur regional yang berkembang yang berpusat pada ASEAN yang terbuka, transparan, inklusif, dan berbasis aturan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x