KTT ASEAN di Labuan Bajo, Mahfud MD : Myanmar Tak Responsif Atas Seruan Negara ASEAN

- 9 Mei 2023, 22:27 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. /Instagram/@mohmahfudmd
Menko Polhukam Mahfud MD. /Instagram/@mohmahfudmd /

 

GALAMEDIANEWS - Myanmar diimbau untuk mau bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk mengatasi permasalahan yang saat ini sedang dihadapi. Imbauan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD, Selasa malam, 9 Mei 2023.

Mahfud mengungkapkan isu Myanmar sempat disinggung saat ia memimpin Pertemuan Ke-26 Dewan Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa 9 Mei 2023.

"Dibicarakan juga tentang sikap Myanmar yang tidak responsif terhadap seruan-seruan negara ASEAN sehingga tadi tidak hadir karena kita minta dulu sikapnya terhadap demokrasi bagaimana," kata Mahfud kepada wartawan saat menyambangi Media Center KTT ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Selasa malam.

Baca Juga: UPDATE Klasemen Sementara Perolehan Medali SEA Games 2023, Thailand dan Vietnam Geser Tuan Rumah

Seluruh delegasi yang menghadiri Pertemuan Ke-26, lanjut Mahfud, menyadari bahwa situasi terkini kekuasaan junta militer di Myanmar kian terkikis.

Saat ini telah diperkirakan kekuasaan junta militer di Myanmar hanya berkisar 40-45 persen dan sisanya terbagi ke suku-suku atau kelompok primordial.

Dikatakan, situasi tersebut membuat keadaan di Myanmar menjadi semakin tidak mudah bagi junta militer.

"Karena tidak mudah, mari kerja sama dengan negara-negara ASEAN. Kita bakal membantu bersama-sama agar demokrasi ini bisa tumbuh dan masyarakat (Myanmar) bisa terlindungi haknya," kata Mahfud.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x