Wakil Ketua MPR Sebut Literasi Digital Harus Diperluas untuk Mempercepat Proses Pembangunan

- 13 Mei 2023, 21:09 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Lestari Moerdijat saat ditemui pada Minggu (7/5/2023) di Sarinah, Jakarta Pusat. Lestari Moerdijat sebut Literasi digital harus diperluas untuk mempercepat proses pembangunan/ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Lestari Moerdijat saat ditemui pada Minggu (7/5/2023) di Sarinah, Jakarta Pusat. Lestari Moerdijat sebut Literasi digital harus diperluas untuk mempercepat proses pembangunan/ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari /

 

GALAMEDIANEWS - Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI, mengatakan bahwa peningkatan kesiapan infrastruktur, keterampilan, dan literasi digital masyarakat adalah kunci untuk mempercepat proses pembangunan negara.

"Era digital saat ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi kita untuk segera dimanfaatkan dan dijawab dengan berbagai persiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang terukur," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip galamedianews.com dari ANTARA Sabtu, 13 Mei 2023

Menurut data Internet World Stats 2020, Indonesia saat ini merupakan negara dengan pengguna internet terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Kementerian PPN/Bappenas mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021-2022 sebanyak 210,03 juta, dimana 191,4 juta di antaranya aktif di media sosial.

Baca Juga: Dwayne Johson Kembali ke Fast and Furious Usai 6 Tahun Berseteru dengan Vin Diesel

Namun demikian, Indonesia juga menghadapi digital gap dibandingkan dengan negara lain, termasuk kecepatan internet Indonesia yang masih relatif rendah dibandingkan dengan negara lain dan masalah keamanan data.

Menurut Lestari, transisi menuju era digital saat ini merupakan bagian dari peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menjadikan Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi atau negara maju.

Upaya ke arah itu, kata Lestari, harus didekati dengan menunjukkan solusi atas kesenjangan digital antar wilayah, mengembangkan infrastruktur digital, dan meningkatkan keterampilan digital masyarakat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x