Eks Sekcam Cisarua Alih Profesi dari PNS ke Pengusaha, Gerai Cino Miliknya di Resmikan Istri Bupati KBB

- 22 Mei 2023, 15:02 WIB
Sonya Fatmala resmikan gerai Cino milik Rahmat Yudiana yang bertempat di Jalan Kolonel Masturi, Desa Jambudipa, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat
Sonya Fatmala resmikan gerai Cino milik Rahmat Yudiana yang bertempat di Jalan Kolonel Masturi, Desa Jambudipa, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat /Deni Supriatna /Galamedia News /
 
GALAMEDIANEWS - Istri dari Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan yakni Sonya Fatmala meresmikan gerai Cisarua Namber One (Cino) dari salah satu pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bertempat di Jalan Kolonel Masturi. Desa Jambudipa. Kecamatan, Cisarua. Kabupaten Bandung Barat pada Senin 22 Mei 2023.
 
Menurut Sonya Fatmala, gerai Cino adalah gerai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kecamatan Cisarua. Bandung Barat. 
 
"Cino itu artinya Cisarua Namber One, Ini adalah inovasi dari masing-masing Kecamatan yang sudah saya Instruksikan untuk PKK disetiap kecamatan punya gerai UP2K," ujar Sonya Fatmala. 
 
Istri Bupati Bandung Barat itu menjelaskan, bagaimana ibu rumah tangga  (IRT) walaupun hanya dirumah saja, tetapi keahlian mereka harus dikembangkan. 
 
 
Karena, kata Sonya Fatmala, pihaknya  sudah menyiapkan wadah untuk berjualan dan juga wadah untuk bisa memasarkan produk-produk yang lebih banyak lagi.
 
"Jadi memang titip, pesannya adalah untuk membuka peluang usaha baru bagi ibu-ibu rumah tangga khususnya di Kecamatan Cisarua," ucap Sonya Fatmala. 
 
Ditempat yang sama, Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Cisarua. Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rahmat Yudiana selaku pemilik gerai Cisarua Namber One (Cino) mengatakan, pihaknya sudah lama ditawari terkait berkolaborasi dengan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kecamatan Cisarua. Bandung Barat.  
 
" Sebenarnya sudah lama saya ditawari, tapi baru terealisasikan sekarang,"ujar mantan Sekcam Cisarua KBB, Rahmat Yudiana. 
 
 
Selain mempunyai pom mini, mantan Sekcam Cisarua itupun mengaku sudah pensiun dari pegawai negeri sipil (PNS) sejak 2022 lalu. 
 
Adapun terkait gerai nama Cino diambil dari hasil produk keahlian masyarakat Cisarua. 
 
"Cino artinya Cisarua Namber One, jadi semua yang di pasarkan di gerai Cino adalah hasil produk asli masyarakat Cisarua. Bandung Barat," ucap Rahmat. 
 
Selanjutnya, Rahmat berharap, produk-produk dari masyarakat Cisarua juga bisa masuk ke toko besar seperti Indomart dan Alfamart. 
 
" Gerai Cino bukan hanya ada di tempat kami, kami berharap produk-produk Cisarua ini bisa masuk ke Alfamart dan Indomart dan semua warung bisa menerima," tutur Rahmat. 
 
Meski demikian, kata Rahmat, untuk lisensi harus sesuai dengan yang di programkan. 
 
 
"Tadi kata ibu Bupati semua harus dilaksanakan secara bertahap upaya dalam pengenalan produk," kata Rahmat. 
 
Oleh karenanya, Rahmat meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) bisa melakukan pendekatan ke pihak Indomart dan Alfamart termasuk warung juga. Hal tersebut upaya agar produk dari Cisarua bisa dinikmati masyarakat luas. 
 
" Karena nantinya masyarakat luas akan ikut menikmati produk asli Cisarua, semoga pendekatan bisa segera dilakukan Pemda Bandung Barat," ucap Rahmat.***
 
 

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x