CETAK SEJARAH! Kecepatan Kerata Cepat Jakarta Bandung Tembus 220 km per Jam

- 14 Juni 2023, 20:30 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung tengah uji coba.
Kereta Cepat Jakarta Bandung tengah uji coba. /KCIC/


GALAMEDIANEWS - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dijadwalkan mulai beroperasi pada Agustus 2023. Sehubungan hal itu, KCIC sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing dan commisioning KCJB secara internal yang dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB.

Hal tersebut diungkapkan Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti seperti dilkutip Galamedianews dari infopublik, Rabu, 14 Juni 2023.

"Laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB saat ini telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi," ujar Emir.

Baca Juga: MUI Dicolek Soal Panji Gumilang Sebut Alquran Karangan Nabi Muhammad, Cholil Nafis: Jangan Gitulah ...

Disebutkan, pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim.

Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian, lanjut dia, akan terus ditingkatkan kecepatannya secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km perjam.

Paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, kata dia, KCIC juga terus berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan izin operasi KCJB.

Focus group discussion (FGD) antara KCIC, Kontraktor KCJB, Kemenhub, dan pihak terkait lainnya sudah berlangsung selama tiga hari di Bandung. Hal itu untuk membahas persiapan pengujian dan mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi persayaratan yang ditetapkan Kemenhub.

Baca Juga: KPK Usut Kasus Korupsi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo 'Berlari' Tinggalkan Lokasi

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x