Indonesia Resmi Lepas Status Pandemi Covid 19

- 21 Juni 2023, 18:33 WIB
(ilustrasi) Pandemi Covid 19 telah berakhir di Indonesia
(ilustrasi) Pandemi Covid 19 telah berakhir di Indonesia /pixabay

GALAMEDIANEWS - Keputusan Indonesia tidak lagi berstatus Pandemi covid19 disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta. Terhitung mulai Rabu 21 Juni 2023, status pandemi COVID-19 resmi dicabut dan Indonesia mulai memasuki masa endemi COVID-19.

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi COVID-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," kata Presiden Jokowi.

Keputusan itu, lanjut Presiden Jokowi, diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka kasus konfirmasi harian COVID-19 yang mendekati nihil. Presiden lalu mengatakan bahwa hasil sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19.

Baca Juga: UNPAR, Jadikan UMKM Unggul, Naik Kelas dan Go International

Menurut Presiden Jokowi, Badan PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO), juga telah mencabut status public health emergency of international concern.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi tetap meminta masyarakat untuk terus berhati-hati serta selalu menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

"Tentunya dengan keputusan ini perekonomian nasional bergerak semakin baik dan meningkatkan status kehidupan ekonomi sosial masyarakat," pungkas Presiden.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x