Kerja Sama Indonesia dengan Korea Selatan di Bidang Pendidikan

- 23 Juni 2023, 19:50 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani, bersama Wali Kota Semarang, Mbak Ita, menghadiri FGD Implementasi Kerja Sama Konsorsium 18 Universitas dengan Pukyong National University, Korsel.
Ketua DPR RI, Puan Maharani, bersama Wali Kota Semarang, Mbak Ita, menghadiri FGD Implementasi Kerja Sama Konsorsium 18 Universitas dengan Pukyong National University, Korsel. /

GALAMEDIANEWS - Forum Group Discussion (FGD) Implementasi Kerja Sama Konsorsium 18 Universitas dengan Pukyong National University Korsel, digelar di Kota Semarang, Kamis 22 Juni 2023.

Galamedianews melansir laman web semarangkota.go.id, Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang hadir mendampingi Wali Kota Semarang pada acara tersebut, melihat kerja sama pendidikan ini dapat memberi manfaat bagi kedua negara.

Forum ilmiah ini, lanjutnya, diharapkan dapat terus mendorong semakin eratnya kerja sama pendidikan Indonesia dan Korea yang pada tahun ini merayakan 50 tahun hubungan diplomatik.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Praktis Makanan Enak dan Nikmat Disajikan Hangat ala Rudy Choirudin

“Tak hanya kerja sama pendidikan, tetapi juga hubungan persaudaraan, kekeluargaan, kebudayaan yang erat antara Indonesia dan Korea harus kita tingkatkan dalam segala bidang,” ungkap Puan.

Lebih lanjut, Puan mendorong agar forum ini menjadi pengembangan jaringan akademisi antara Indonesia dengan Korea Selatan khususnya dalam memajukan pendidikan keilmuan, inovasi dan teknologi. Puan juga menambahkan, sektor pendidikan yang unggul dapat memperbaiki kualitas sumber daya manusia di satu negara.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengungkapkan kerja sama tersebut menjadi upaya positif memajukan sektor pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas SDM. Lanjut Wali Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita ini, kerja sama tersebut sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menitikberatkan peningkatan kualitas SDM sebagai program prioritas Kabinet Indonesia Maju, setelah sebelumnya infrastruktur menjadi prioritas utama.

“Hal ini ibarat kontrak paten Perguruan Tinggi untuk membangun sebuah kota bersama dengan masyarakatnya,” lanjut Mbak Ita. Menurutnya, langkah ini sebagai wujud kolaborasi pemerintah dan akademisi dalam menyelesaikan setiap persoalan pembangunan.

Melalui FGD ini, selanjutnya juga dicanangkan sebagai Public University Academic Network (PUAN) Forum yang mendorong dan mendukung terjalinnya kerja sama antar dua negara. Pertukaran ide, gagasan dan pengalaman melaui FGD ini diharap menjadi ´jembatan´ antara perguruan tinggi dan lembaga penelitian kedua negara untuk saling bekerja sama mengembangkan riset-riset, menciptakan inovasi, serta mengembangkan praktek terbaik (best practices).

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Tomat Makanan Khas Surabaya dengan Tampilan Merah Merona ala Rudy Choirudin

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Semarangkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x