TB Hasanuddin Tegaskan Unjuk Rasa Tak Bisa Memakzulkan Presiden

- 5 Juli 2023, 21:45 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin./istimewa
Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin./istimewa /

GALAMEDIANEWS - Isu akan adanya unjuk rasa yang menuntut mundur dan ingin memakzulkan Presiden Joko Widodo marak dalam beberapa waktu terakhir.

Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin turut angkat bicara soal isu tersebut.

"Saya mendengar ada rencana aksi unjuk rasa di beberapa daerah. Indonesia negara demokrasi jadi ya silakan saja kalau mau demo atau unjuk rasa sebanyak apapun yang penting tertib," ujar TB Hasanuddin, Rabu, 5 Juli 2023.

Baca Juga: Usai Terima Duit Haram, Yana Mulyana Golkan Proyek CCTV dengan Ucap Bismillah

Namun, mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar ini mengingatkan, tidak bisa memakzulkan presiden dengan cara berdemonstrasi turun ke jalan.

Menurut politisi senior PDI Perjuangan tersebut, konstitusi di Indonesia mengatur Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat.

"Di dalam sistem politik ketika presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat maka legitimasi dan legalitas pemimpin nasional itu sangat luas. Artinya, presiden memang tidak bisa diberhentikan di tengah jalan," tegas TB Hasanuddin.

Ditambahkan putra asli Jawa Barat ini, dengan konfigurasi koalisi partai di Indonesja, maka proses pemakzulan presiden nyaris tak mungkin terjadi.

Bahkan, jika memang terjadi, mekanismenya di DPR harus menggunakan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) atas kebijakan pemerintah atau mengenai kejadian luar biasa yang terjadi di dalam maupun luar negeri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x