Tak Perlu Tes Lagi! Ini 4 PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK Terbaru, Ada Unnes hingga UNY

- 6 Juli 2023, 14:35 WIB
4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masih membuka jalur mandiri pakai nilai UTBK terbaru tanpa tes lagi, ada Unnes hingga UNY.
4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masih membuka jalur mandiri pakai nilai UTBK terbaru tanpa tes lagi, ada Unnes hingga UNY. /unnes.ac.id/

GALAMEDIANEWS – Inilah beberapa Perguruan Tinggi Negeri atau PTN yang masih membuka jalur mandiri pakai nilai UTBK terbaru untuk para peserta yang belum dinyatakan lolos dalam UTBK-SNBT 2023 kemarin.

Dengan mendaftar di PTN ini salah satunya ada Unnes hingga UNY, calon mahasiswa tak perlu lagi melakukan tes karena memakai nilai UTBK sesuai proses dan peraturan masing-masing Universitas Negeri.

Diantaranya, selain menggunakan nilai UTBK sebagai syarat utama, PTN terkait bisa saja mensyaratkan hal lain seperti tes kesehatan, nilai rapor atau lainnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan UTBK SNBT 2023 telah resmi berakhir usai penutupan gelombang 2 pada tanggal 28 Mei 2023. Jumlah total peserta yang mengikuti UTBK SNBT 2023, baik pada gelombang 1 maupun 2, terhitung mencapai 803.853 orang.

Dari jumlah peserta yang mendaftar, terdapat beberapa peserta yang tidak dapat mengikuti UTBK SNBT karena berbagai faktor. Pengumuman UTBK SNBT 2023 juga sudah diumumkan pada 20 Juni 2023.

Sertifikat pun sudah dapat diunduh oleh pendaftar pada 26 Juni - 31 Juli 2023. Adapun link resmi untuk melihat nama-nama peserta yang lolos bisa diakses di snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Kini banyak PTN yang membuka pendaftaran jalur mandiri setelah pengumuman hasil UTBK-SNBT. Hal itu karena pendaftaran jalur mandiri merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN secara independen.

Lantas PTN mana saja yang saat ini masih membuka pendaftaran jalur mandiri pakai nilai UTBK? Berikut kami rangkum 4 PTN yang hingga kini masih membuka pendaftaran jalur mandiri dengan menjadikan nilai UTBK sebagai syarat utama.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu PTN yang membuka jalur mandiri pakai nilai UTBK. Pendaftaran jalur seleksi mandiri dengan nilai UTBK.

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY juga membuka jalur seleksi mandiri yang salah satunya menggunakan skor UTBK-SNBT.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: unnes.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah