Geliat UMKM Indonesia di Negeri Paman Sam

- 18 Juli 2023, 20:52 WIB
Acara peresmian Satu Tahun East Bay Bakery milik diaspora Indonesia pada 14 Juli 2023, yang semakin memperkuat eksistensinya di pasar Amerika.
Acara peresmian Satu Tahun East Bay Bakery milik diaspora Indonesia pada 14 Juli 2023, yang semakin memperkuat eksistensinya di pasar Amerika. /Kemlu.go.id/

GALAMEDIANEWS - Kelompok bisnis UMKM dengan produk khas Indonesia kini mulai bermunculan di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Salah satunya berada di California, tepatnya di Kota Danville.

Unit bisnis kuliner bernama East Bay Bakery, merupakan rintisan seorang anak muda Indonesia, Gabriela Lubaba, atau yang akrab disapa Gaby.

Sejak berhasil melakukan soft opening di tahun 2022 lalu, East Bay Bakery kemudian merayakan satu tahun bisnis tersebut dijalankan di Amerika, pada 14 Juli 2023.

Acara peresmian Satu Tahun East Bay Bakery ini turut dihadiri oleh pihak Konjen RI San Francisco, Wali Kota Danville, dan beberapa mitra bisnis kuliner. East Bay Bakery kini mulai tumbuh menjadi salah satu toko kue terkenal di wilayah East Bay, California yang menjual beraneka roti, kue basah dan kue kering.

Baca Juga: MULAI TAYANG BESOK, Film Doraemon the Movie 2023: Nobita's Sky Utopia Hadir di Indonesia

East Bay Bakery menyajikan 12 jenis roti dan 25 jenis kue, termasuk berbagai kue khas tradisional Nusantara seperti kelepon, ongol-ongol, lemper, lapis legit, cenil, kue talam, dan bolu kukus. Toko kue tersebut telah berhasil merebut hati konsumen dari masyarakat lokal. Bahkan setiap harinya, toko ini memasok kue ke beberapa pusat perbelanjaan besar di East Bay, salah satunya yakni Diablo Foods, yang telah beregelut di bisnis makanan sejak 1968.

“Sedikitnya 50 ribu aneka roti dan kue terjual habis setiap bulannya, termasuk sedikitnya 300 roti dan kue dipesan setiap harinya oleh Diablo Foods, ratusan yang harus kami siapkan di event farmers market mingguan di Walnul Creeks maupun Orinda", ungkap Gaby.

Tak hanya East Bay Bakery, Gaby bersama keluarganya juga aktif membuka beberapa pop up kitchen di berbagai pasar produk pertanian dengan menjual ragam kue dengan sentuhan citra rasa Amerika dan tradisional nusantara/Indonesia di San Francisco Bay Area.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Kemlu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x