Polusi Udara Picu 5 Penyakit Ini. No. 5 Paling Membahayakan

- 10 Agustus 2023, 20:59 WIB
ilustrasi polusi udara
ilustrasi polusi udara /Pexel @azimislam/

GALAMEDIANEWS - Seperti yang kita ketahui belakangan ini, polusi udara di JABODETABEK membuat udara di kawasan ini menjadi tidak sehat. Udara yang tidak sehat tentunya akan memicu berbagai macam penyakit. Pasalnya, ada sejumlah penyakit respirasi yang diakibatkan polusi udara dengan prevalensi tinggi. 

Dilansir dari kemkes.id terdapat 5 penyakit respirasi yang menjadi penyebab kematian di dunia, diantaranya adalah tuberkulosis, kanker paru, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis dan asma. 

Prof. dr. Agus Dwi Susanto yang merupakan Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia sekaligus Guru Besar Bidang Pulmonologi dan Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menekankan untuk mementingkan pencegahan dalam upaya mengatasi masalah polusi udara. 



Baca Juga: Fakta Upil Kerap Merapat sejalan dengan Polusi Udara yang Meningkat

“Polusi udara terbukti menimbulkan masalah respirasi dan pernapasan. Upaya pencegahan dengan menurunkan polusi udara harus dilakukan semua pihak sehingga kasus respirasi dapat dikurangi,” ujar Prof. Agus.

Berikut ini adalah dampak dari polusi udara yang dirangkum dari berbagai sumber. 

  1. Tuberkulosis 

Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru, namun tidak jarang juga  bakteri ini dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. 

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang menjadi 10 penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak maupun lansia dapat terserang tuberkulosis. 

  1. Pneumonia 

Pneumonia merupakan penyakit yang dipicu oleh inflamasi pada kantong udara atau pada alveolus yang ada di bagian salah satu paru-paru atau keduanya. Paru-paru basah disebabkan oleh serangan virus, jamur atau bakter pada sistem pernapasan. 

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Kemkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x