Perhatian Menteri Sandiaga Uno atas Kasus Pelecehan Miss Universe Indonesia, Dampaknya Terhadap Pariwisata

- 11 Agustus 2023, 18:44 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Solo, Jumat 11 Agustus 2023./ ANTARA/ Aris Wasita
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Solo, Jumat 11 Agustus 2023./ ANTARA/ Aris Wasita /

GALAMEDIANEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, baru-baru ini menyatakan bahwa pihaknya tengah memantau dengan cermat perkembangan kasus dugaan pelecehan yang terjadi dalam konteks kontes Miss Universe Indonesia. Pernyataan ini datang setelah munculnya laporan mengenai kasus pelecehan yang diduga terjadi dalam ajang tersebut, yang saat ini telah menjadi perhatian publik dan telah masuk ke ranah hukum.

 

Menteri Sandiaga Uno menegaskan bahwa pemerintah menghormati proses hukum yang sedang berjalan dalam kasus ini. Dia menyatakan bahwa pihaknya berupaya untuk memastikan bahwa segala tindakan yang diambil akan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Pihak berwenang memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa tindak pelecehan seksual, apabila terbukti benar terjadi, tidak boleh ditolerir dan harus ditangani secara tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Namun, Menteri Sandiaga Uno juga mengakui bahwa kasus ini dapat berdampak pada citra Indonesia sebagai destinasi pariwisata. Saat ini, Indonesia telah menjadi sorotan global sebagai pusat destinasi wisata yang menarik, dengan Bali sebagai salah satu tujuan terkenal yang menduduki posisi "top of mind" bagi banyak wisatawan. Oleh karena itu, menjaga citra positif dan menarik bagi wisatawan adalah suatu hal yang sangat penting.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Miss Universe Indonesia, Menparekraf: Tidak Bisa Ditolerir!

 

Menteri Sandiaga Uno menekankan bahwa negara harus berupaya menjaga narasi positifnya di mata internasional. Kasus seperti ini dapat dengan cepat menciptakan citra negatif yang dapat merusak citra pariwisata Indonesia secara keseluruhan. Maka dari itu, upaya pihak berwenang dalam menangani kasus ini tidak hanya terkait dengan aspek hukum, tetapi juga dengan bagaimana citra Indonesia sebagai destinasi wisata dipertahankan.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x