Soal Digitalisasi, Jabar Tak Main-main! Apa Saja Produk dan Programnya?

- 25 Agustus 2023, 15:17 WIB
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) dan Jabar Digital Service (JDS) terus melakukan upaya percepatan digitalisasi di Jabar./ Istimewa
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) dan Jabar Digital Service (JDS) terus melakukan upaya percepatan digitalisasi di Jabar./ Istimewa /

GALAMEDIANEWS - Berangkat dari cita-cita Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) untuk mewujudkan Jawa Barat menjadi Provinsi Digital, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) dan Jabar Digital Service (JDS) terus melakukan upaya percepatan digitalisasi di Jabar. Bukan sekadar mendigitalisasi segala bentuk layanan publik, namun berupaya mengajak masyarakat untuk beradaptasi bersama, menuai manfaat teknologi dalam meringankan aktivitas sehari-hari.

 

Perjalanan mendigitalisasi di Jabar tidaklah mudah. Setahun berproses, tiba-tiba pandemi Covid-19 datang. Pandemi tidak menjadi penghambat bagi proses transformasi dan inovasi digital di Jabar. Justru di tengah kalut kala itu, lahir aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Pikobar) yang hadirkan informasi dan layanan kesehatan pendukung kedaruratan pandemi.

Kolaborasi pentahelix jadi kunci utama dalam ciptakan berbagai inovasi program dan produk digital. Dalam kurun waktu 4 tahun (2019-2022), ragam program dan produk digital unggulan lahir guna mewujudkan Jabar Juara yang berbasis data dan teknologi dalam mendukung pelayanan masyarakat dan pengambilan kebijakan yang responsif, adaptif, dan inovatif.

 Baca Juga: Soft Launching Situ Bagendit Garut, Ridwan Kamil Ingat Kisah Masa Kecil

Dimulai dengan Membangun Pusat Kendali Jabar Command Center

 

Hadirnya fasilitas visualisasi dan integrasi data menjadi penting dalam mendukung kegiatan pemantauan, koordinasi, dan pengambilan keputusan di lingkungan Pemdaprov Jabar. Hingga tahun 2018 pertukaran informasi dan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota belum terintegrasi sehingga menjadi tantangan dalam proses pengambilan keputusan.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x