Sakit Hati Berujung Pembunuhan, Normalkah Sakit Hati Disalurkan dengan Membunuh?

- 28 Agustus 2023, 06:23 WIB
Pembunuhan Dosen UIN Surakarta, Motif pelaku sakit hati
Pembunuhan Dosen UIN Surakarta, Motif pelaku sakit hati /ilustrasi freepik/pijpyx/

GALAMEDIANEWS - Pembunuhan Dosen UIN Surakarta yang ditemukan tewas bersimbah darah di sebuah rumah di Desa Tempel, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis 24 Agustus, 2023, menyita perhatian publik.

Tewasnya Dosen UIN Surakarta di tangan seorang kuli bangunan, Dwi Feriyanto (23), diungkap pihak kepolisian yang menyelidiki kasus kematian almarhumah. Jasad yang bersimbah darah, ditemukan ditutupi oleh kasur dan terdapat luka tusuk.

Dosen UIN Surakarta yang dibunuh Dwi Feriyanto, merupakan pemilik rumah yang sedang mempekerjakan pelaku untuk merenovasi rumahnya. Menurut pengakuan pelaku, ia tega menghabisi nyawa korban lantaran sakit hati atas perkataan korban.

Dikutip oleh Galamedianews dari laman berita antaranews, Kepala Polres Sukoharjo AKBP Sigit melakukan Konferensi Pers, di Polsek Gatak Polres Sukoharjo dalam mengungkap penangkapan pelaku pembunuhan dosen UIN.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi! Begini 3 Cara Download Video dari YouTube 

"Modus pelaku menghabisi korban karena sakit hati dikatakan oleh korban pekerjaannya tidak beres. Pelaku menghabisi korban dengan pisau yang sudah disiapkan. Jadi kasus pembunuhan ini, sudah direncanakan oleh pelaku," jelas Kapolres.

Kemarahan Berujung Pembunuhan, Normal atau Gangguan?

Sakit hati yang berujung pada pembunuhan, merupakan suatu fenomena mengekspresikan kemarahan yang agresif, tidak terkontrol dan membahayakan lingkungan sekitar. Apakah kemarahan bisa dikatakan wajar ketika ingin mengekspresikan dengan cara membunuh?

Novensia Wongpy, S.Psi, M.Psi memaparkan tentang perbedaan marah yang wajar dan tidak wajar. Dalam artikel yang diposting di laman uc.ac.id, Novensia menjelaskan respon marah yang menjadi lebih sensitif, adanya perasaan kesal, adalah hal yang wajar.

Baca Juga: YouTuber Terkenal Daniel Sancho Bronchalo Ditangkap di Thailand atas Kasus Pembunuhan

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x