Bandung Darurat Sampah: Sampah Menggunung, Terbengkalai, dan Berbelatung

- 28 Agustus 2023, 21:14 WIB
Permasalahan Sampah Bandung, Penumpukan Terjadi di Ruas Jalan, TPS-TPS dan Rumah-rumah. / Pikiran Rakyat/ Satira Yudatama
Permasalahan Sampah Bandung, Penumpukan Terjadi di Ruas Jalan, TPS-TPS dan Rumah-rumah. / Pikiran Rakyat/ Satira Yudatama /

GALAMEDIANEWS - Sampah Bandung menjadi permasalahan yang kian parah. Imbas dari kebakaran TPA Sarimukti, kini sampah semakin menggunung dan terbengkalai di berbagai TPS, rumah-rumah warga, bahkan didapati penumpukan sampah di beberapa ruas jalanan Kota Bandung.

Permasalahan sampah Bandung, ditetapkan sebagai Kondisi Kedaruratan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Penetapan status Bandung Darurat Sampah, tertuang dalam surat Nomor 658/Kep.579-DLH/2023 tentang Penetapan Status Darurat Sampah Bandung Raya, yang ditetapkan pada 24 Agustus 2023.

Sampah Bandung yang belum terangkut di TPS-TPS, kini tertahan juga di rumah-rumah. Sampah-sampah yang tertahan belum terangkut sejak penutupan TPA Sarimukti pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Baca Juga: 7 Tips Ini bisa Membuat Rumah Anda Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman

 

Sampah Bandung Terbengkalai, Menumpuk di mana-mana

Sebanyak 8.000 ton lebih sampah Bandung, terbengkalai dan belum bisa diangkut, akibat dari kebakaran TPA Sarimukti. "Dari 241 ritasi, Bandung baru 100 ritasi yang diangkut. Kalau tidak ada alternatif ini tentu akan kewalahan. Hitungannya 1.300 ton setiap hari, sekarang sudah 8.000 sekian ton sampah yang tidak bisa kita geser ke TPA," ungkap Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, Senin 28 Agustus 2023.

Berdasarkan pantauan pada Senin, 28 Agustus 2023, keadaan sampah rumah tangga yang sudah satu minggu tertahan di rumah-rumah, kini membusuk dan berbelatung.

“Sudah lama tidak ada pengangkutan sampah ke rumah, biasanya sekali angkut, saya kasih uang sekitar Rp7000 - 8000, belum lagi iuran sampah bulanan. Biasanya suka diangkutin, sekarang menumpuk ini sudah banyak belatung. Mau buang kemana? TPS terdekat ditutup dan nggak boleh,” ujar Anang, warga di Kelurahan Babakan Sari, kecamatan Kiaracondong.

Dikutip Galamedianews dari Pikiran Rakyat, sampah yang terbengkalai kini terjadi penumpukan di beberapa ruas-ruas jalan kota Bandung. Terlihat gundukan sampah di pinggir jalan Cibaduyut, setelah persimpangan dengan Jalan Indrayasa, dan Jalan Astana Anyar, Minggu 27 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x