Terupdate! Titik Gempa Bumi di Lombok Utara: Jenis Gempa Bumi Deep Focus

- 29 Agustus 2023, 06:25 WIB
Gempa Bumi di Lombok Utara, Berguncang di Pusat Laut
Gempa Bumi di Lombok Utara, Berguncang di Pusat Laut /twitter @DaryonoBMKG/

GALAMEDIANEWS - Gempa bumi terjadi pada Selasa, 29 Agustus 2023 pukul 02:55:32 WIB. Gempa ini terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Timur (NTB), dengan parameter update magnitude (M) 7,1, kedalaman 525 Km.

Gempa bumi yang berpusat di laut 163 Km arah Timur Laut Lombok Utara ini, merupakan hasil pengukuran update dari BMKG yang disampaikan oleh Pejabat BMKG bagian Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami.

Gempa Bumi, Sebelumnya dirilis: Titik Pusat di Laut Tanah Bumbu

Kabar gempa Bumi Lombok Utara, sebelumnya dirilis BMKG di akun twitternya @infobmkg pada pukul 3:38 WIB, BMKG menyebutkan kabar gempa berkekuatan M 7,4 terjadi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Menurutnya, Gempa bumi Tanah Bumbu, berlangsung pada pukul 02:55:32 WIB. Dengan kedalaman 10 Km, pusat gempa diperkirakan berada di laut 180 Km Tenggaran Tanah Bumbu.

Baca Juga: Buntut Rentetan Kontroversi Gelaran Piala AFF U 23, Netizen Desak PSSI Keluar dari AFF

Dalam akun twitternya, BMKG merilis kabar gempa Lombok Utara yang lebih dulu terjadi pada pukul 02:55:29 WIB, tiga detik sebelum gempa Tanah Bumbu. Gempa Lombok Utara, berpusat di Timur Laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan kedalaman 571 Km.

Kemudian, BMKG Kembali merilis kabar gempa susulan yang terjadi pada pukul 03:06:56 WIB. Gempa susulan ini berpusat di 124 Km Timur Laut, Lombok Utara, berkekuatan M 5.0 dan kedalaman 491 Km.

Sebab Gempa Utara Lombok

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, S.Si, M.Si menyampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi di Lombok Utara, merupakan jenis gempa deep focus.

“Gempabumi dalam utara Lombok ini merupakan jenis gempabumi dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas karena slab pull (tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi,” tulisnya di akun twitter @DaryonoBMKG, Selasa 29 Agustus 2023, 04.17 WIB.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Twitter BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x