Bukti Keberpihakan, Pemkot Bandung Gelontorkan 24 Persen APBD untuk Sektor Pendidikan

- 29 Agustus 2023, 09:55 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna. /Diskominfo Kota Bandung

GALAMEDIANEWS - Sebagai bukti keberpihakan dan mendukung pelayanan pendidikan di Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelontorkan lebih dari 24 persen dana pendidikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, Pemkot Bandung terus memfokuskan pembenahan pendidikan bagi masyarakat Kota Bandung.

Ema menyampaikannya di depan 200 Guru tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2023 yang tengah mengikuti orientasi pengenalan nilai dan etika pemerintahan di Balai Sartika Bikasoga Indoor Hall, Senin 28 Agustus 2023.

Baca Juga: Khansa Syahlaa, Brand Ambassador Eiger yang Telah Mendaki 83 Gunung, Bagikan 9 Tips Ini untuk Pendaki Pemula

"Kita sudah lebih dari 24 persen masuk ke Dinas Pendidikan dari total anggaran Rp2,7 triliun Kota Bandung. Kita ingin optimalkan sarana dan prasaran pendukung," ungkap Ema.

Ruang Kelas Baru

Sebab menurutnya, masih banyak ruang kelas baru (RKB) yang masih perlu dibenahi agar lebih ideal digunakan. Hal itu secara bertahap terus coba diperbaiki Pemkot Bandung.

"Di Kota Bandung juga ada program rawan melanjutkan pendidikan (RMP). Kita mengeluarkan anggaran tidak kurang dari Rp 80 miliar bahkan sampai Rp 120 - 130 miliar. Bahkan, kita juga bantu memberikan daya dukung anggaran bagi anak-anak yang ingin melanjutkan ke SMA," akunya.

Selain itu, tantangan lain yang harus dihadapi dalam dunia pendidikan adalah jumlah tenaga pengajar yang masih belum memenuhi kebutuhan. Ema menyebutkan, tiap tahun ASN yang pensiun di Kota Bandung mayoritas merupakan tenaga pendidikan.

"Rata-rata 900 orang tiap tahun. Tapi proses rekrutmen belum tentu setiap tahun dilakukan, sehingga pasti ada kekurangan dengan kondisi seperti ini," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x