Selamatkan Bandung dari Darurat Sampah, Kelurahan Cijawura Melakukan Penanganan di Wilayahnya

- 6 September 2023, 11:17 WIB
Peninjauan lubang komposer di Kelurahan Cijawura oleh Lurah, Camat dalam rangka penanganan darurat sampah./instagram@ekbangcijawura
Peninjauan lubang komposer di Kelurahan Cijawura oleh Lurah, Camat dalam rangka penanganan darurat sampah./instagram@ekbangcijawura /

GALAMEDIANEWS - Penanganan darurat sampah di Kota Bandung khususnya di Kelurahan Cijawura dilakukan sejak kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti.

Kebakaran TPA regional itu mengakibatkan sampah menumpuk tidak bisa dibuang.

Sampah adalah masalah klasik dari jaman dulu, hanya sekarang semakin banyak sampah yang tidak bisa terurai sendiri seperti bahan plastik dan styrofoam.

Baca Juga: Sidang Kasus Suap, Wali Kota Bandung Yana Mulyana Minta Didoakan

Baca Juga: Resep Nafas Lega dan Imun Terjaga ala Dr. Zaidul Akbar

Kelurahan Cijawura aktif melakukan penyuluhan ke masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah khususnya limbah rumah tangga yang jika ditangani maka bisa jadi tidak terlalu terpengaruh dengan kebakaran TPA Sarimukti.

Kasie Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Cijawura, Enny Purnamasari S.ST mengatakan kondisi darurat sampah Kota Bandung sangat memprihatinkan. Harus ada usaha alternatif selain membuang sampah ke TPA.

"Sampah dimulai dari rumah tangga, kalau sudah dipilah antara sampah dapur dan plastik, maka akan lebih mudah penanganannya. Yang susah adalah membuka kesadaran masyarakat untuk mau melakukannya," kata Enny.

Baca Juga: Kekalahan Memilukan: Putri KW Gugur di Babak 32 Besar China Open 2023

Dari hasil pantauan terlihat masyarakat mulai ada yang membuang sampah lagi ke sungai atau tempat-tempat yang lapang secara sembarangan dan ini sangat memprihatinkan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x