Bencana Kekeringan Melanda Bekasi, Berdanpak pada 40 Desa yang Mengalami Krisis Air

- 15 September 2023, 07:54 WIB
Bencana Kekeringan Melanda Bekasi
Bencana Kekeringan Melanda Bekasi /PR - Tommy Andryandy/

GALAMEDIANEWS – Warga Bekasi sedang mengalami bencana kekeringan di sejumlah desa. Bencana kekeringan ini berdampak pada 118.679 jiwa. Setidaknya ada 10 Kecamatan yang mengalami kekeringan di Bekasi.

Menanggapi kondisi bencana kekeringan ini, pemerintah Bekasi resmi memperpanjang masa tanggap darurat yang terhitung sejak tanggal 14 September 2023 sampai 2 pekan mendatang  yaitu hingga tanggal 27 September 2023.

Perpanjangan masa tanggap darurat ini tertuang dalam keputusan Bupati Bekasi no HK,02,02/KEP.599-BPBD/2023 yaitu tentang perpanjangan tanggap darurat bencana dan kekeringan Kabupaten Bekasi. Keputusan tersebut ditandatangani oleh Bupati Dani Ramdan.

Munculnya keputusan tanggap darurat ini berdasarkan hasil evaluasi dan juga kondisi di lapangan. Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa sejumlah warga terdampak juga lahan pertanian pun kian mengering.

Baca Juga: Akankah Gregoria Kalahkan Lagi Carolina Marin? Ini Rekor Pertemuan Sebelum Perempat Final Hong Kong Open 2023

“Pertimbangan lainnya yaitu dampak kenaikan bahan pokok di sektor ekonomi masyarakat, Sehingga status tanggap darurat perlu dilanjutkan.” Ujar Dani.

Penanganan kekeringan ini terus di upayakan. Adapun suntikan anggaran yang terus di gali untuk proses penanganan kekeringan.

“Diantaranya kami telah mengajukan Dana Siap Pakai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, selanjutnya pengajuan bantuan juga ke Provinsi Jawa Barat,” Ucap Dani menambahkan.

Muchlis selaku Kepada Badan Nasional Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi mengatakan bahwa adanya peningkatan dampak kekeringan ini cukup signifikan. Yang dirasakan oleh sejumlah warga adalah kesulitan untuk memperoleh air bersih juga para petani yang lahan nya kian mengering.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: PRMNnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x