Kajian LRT Bandung Raya Bakal Dipercepat, Dishub Jabar: Pembuatan Memakan Waktu Lama

- 2 Oktober 2023, 11:09 WIB
Ilustrasi LRT.
Ilustrasi LRT. /PMJ News/

GALAMEDIANEWS - Kajian untuk Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya akan dipercepat. Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan hal itu, seiring dengan intruksi Presiden Joko Widodo beberapa hari kemarin.

Kepala Dishub Jawa Barat, A. Koswara menututkan, sebelum masuk pada kajian penuh, studi awal LRT sudah dilakukan dari pihak Bank Dunia. Adapun LRT sendiri nantinya akan dibuatkan jalur baru.

Baca Juga: 6 SMA Swasta Terbaik di Kota Semarang yang Masuk Jajaran Top Sekolah Berprestasi di Indonesia

"(Kajian) RT ini mau dipercepat. Studi awalnya, itu sudah dilakukan oleh World Bank. Itu ada enam koridor. Dua koridor prioritas itu mau dibantu oleh Kementerian Keuangan untuk pembiayaan sampai Detail Engineering Design (DED)," tutur Koswara, Senin, 2 September 2023.

Koswara menambahkan, proses pembuatan LRT akan memakan waktu yang lama. Pembiayaan tergolong besar, karena LRT itu nantinya akan menghubungkan dari ujung Bandung Raya hingga Sumedang.

Koswara memastikan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan penuh.

Baca Juga: Resep Semur Ayam Kentang: Menu Lezat yang Gurih dan Bergizi

Baca Juga: Mengenal Resep Herbal Detox Ginjal ala dr. Zaidul Akbar: Kayu Manis dan Rahasia Kesehatan Ginjal

"Nah yang harus dicari solusinya itu nanti untuk pembangunannya, pembiayaannya, pembiayaan konstruksinya. Ini masih kita bahas. Mudah-mudahan dengan arahan Presiden seperti kemarin, ini mau dibangun APBN untuk konstruksinya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x