Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Asam Urat Meninggi

- 9 Oktober 2023, 17:00 WIB
Asam urat kambuh atau meninggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purine
Asam urat kambuh atau meninggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purine /Pixabay @ G-stockstudio/

GALAMEDIANEWS - Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, pada kondisi normal asam urat larut dalam darah dan keluar dalam urin. Tetapi dalam kondisi tertentu tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh. 

Penumpukan asam urat ( uric acid ) akan membentuk kristal di sendi yang dapat memicu nyeri dan membengkak di berbagai sendi tubuh, meskipun umumnya terbentuk di sendi kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih.

Kondisi tersebut dapat menggangu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih, kondisi ini secara tiba - tiba bisa menyebabkan persendian terasa sakit, bengkak, dan kemerahan adapun kondisi tersebut bisa memengaruhi satu sendi atau beberapa sendi pada satu waktu.

Persendian yang terkena umumnya di jempol kaki tetapi sendi lainya juga bisa terpengaruh, seperti di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan tangan, tulang belakang juga bisa terkena meskipun jarang. Bilamana  dibiarkan kondisi ini bisa menyebabkan gout kronis pada penderitanya, bahkan seiring waktu penyakit ini bisa merusak persendian secara keseluruhan.

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang umum terjadi pada orang dewasa, dilansir dari penghimpunan Reumatologi Indonesia penyakit ini terjadi pada 1/2% orang dewasa dan merupakan kasus arthritis inflamasi terbanyak pada pria.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: YouTube @hydrofarm


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x