Hoaks! Video Viral Pabrik Pembuatan Beras Plastik

- 12 Oktober 2023, 14:47 WIB
Ilustrasi Beras Plastik.
Ilustrasi Beras Plastik. /GALAMEDIANEWS/Elievira Taniar Celula/

GALAMEDIANEWS - Viral di media sosial mengenai peredaran beras plastik asal Tiongkok. Video yang diunggah di Tiktok pada hari Sabtu 7 Oktober 2023, terlihat para pekerja sedang membuat beras plastik di pabrik asal China.

Dalam video tersebut para pekerja memasukan plastik panjang ke dalam suatu mesin. Yang kemudian menghasilkan biji kecil berwarna putih dan diklaim sebagai beras palsu. Hal ini membuat masyarakat khawatir dan berharap agar selalu berhati-hati, sebab beras tersebut akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi.

Berdasarkan penelusuran, nyatanya unggahan video yang viral beredar terkait klaim beras plastik tersebut adalah hoaks. Faktanya, pabrik tersebut sedang melakukan proses granulasi plastik paling dasar di industri pabrik.

Melansir dari media China JNews, dimana pabrik tersebut menempatkan plastik daur ulang ke dalam granulator plastik untuk menghasilkan partikel plastik daur ulang sebagai bahan baku untuk membuat produk plastik lagi. Kemudian mengenai butiran putih kecil yang disinyalir mirip seperti beras, ternyata memang sengaja dibuat untuk memfasilitasi penyimpanan dan transportasi.

Kendati demikian, media China JNews, menjelaskan tidak realistik apabila mengganti beras menggunakan plastik. Bahkan harga rata-rata partikel plastik nya saja jauh lebih tinggi daripada beras biasa. Lalu dalam pengujian pencucian berasa, partikel plastik yang meniru beras tidak bisa lulus uji.

Baca Juga: Live Streaming ONIC vs  BTR 12 Oktober 2023 di Playoff MPL ID S12 Serta Jadwal Lengkap

Sebab kepadatan beras sekitar 1,67 gram per sentimeter kubik, yang akan tenggelam di dalam air, sementara partikel plastik yang terbuat dari kantong plastik daur ulang akan mengapung di atas air. Tentu saja, perbedaan yang sangat tidak realistis ini akan membuat perbedaan rasa antara nasi dan plastik. Sehingga untuk apa para pedagang harus menjual beras plastik.

Baca Juga: Dua Siswa SMAN 2 Kota Bandung Jatuh dari Gedung Sekolah, Begini Tanggapan Pihak Sekolah 

Demikian, unggahan video yang tengah beredar saat ini terkait klaim sebagai pabrik pembuatan beras plastik merupakan hoaks. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir berlebih lagi terkait unggahan video yang tengah viral beredar.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x