Jumlah Kematian Warga Palestina Meningkat Jadi 2670 Jiwa di Tengah Kegagalan RS dan Kejahatan Perang Israel

- 16 Oktober 2023, 16:14 WIB
Ilustrasi konflik Israel-Palestina menelan banyak korban jiwa.
Ilustrasi konflik Israel-Palestina menelan banyak korban jiwa. /Reuters/Raneen Sawafta/
 
GALAMEDIANEWS - Dalam tengah konflik berkepanjangan antara Israel dan Gaza, wilayah Palestina menghadapi lonjakan jumlah kematian yang semakin meningkat, keruntuhan infrastruktur kesehatan, dan tuduhan kejahatan perang oleh Israel. Saat situasi terus berkembang, dunia menyaksikan dengan keprihatinan yang semakin meningkat.

 

Lonjakan Jumlah Kematian 

Konflik di Gaza telah menyebabkan jumlah kematian yang cepat meningkat. Laporan-laporan menunjukkan bahwa lebih dari 2.670 orang telah tewas akibat serangan Israel, dengan setidaknya 9.600 lainnya terluka. 

Angka-angka ini, menjadi refleksi tragis dari kekerasan yang berlanjut, adalah pengingat tegas akan dampak berat pada nyawa warga sipil.

 

Kegagalan Rumah Sakit 

Di tengah kekerasan, sistem kesehatan Gaza berada di ambang keruntuhan. Rumah sakit kesulitan memberikan perawatan kepada yang terluka, dan dalam beberapa kasus, mereka bahkan berhenti berfungsi sama sekali. 

Empat rumah sakit di utara Gaza tidak lagi beroperasi akibat kerusakan yang disebabkan oleh bombardemen Israel. 

Selain itu, 21 rumah sakit lain di wilayah terkepung telah menerima perintah evakuasi dari pasukan Israel. 

Situasi yang sangat genting ini telah memunculkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran hukum kemanusiaan internasional, karena evakuasi rumah sakit bisa meninggalkan pasien tanpa akses ke perawatan medis yang kritis.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x