Berikut Daftar Capres Cawapres Pemilu Presiden 2024: Mengenal Profil para Kandidat Pemilu

- 19 Oktober 2023, 11:25 WIB
Mantan Menteri Pendidikan Indonesia Anies Baswedan berbicara kepada wartawan setelah memberikan suara dalam pemilihan gubernur Jakarta di Jakarta, Indonesia 19 April 2017./REUTERS/Beawiharta/
Mantan Menteri Pendidikan Indonesia Anies Baswedan berbicara kepada wartawan setelah memberikan suara dalam pemilihan gubernur Jakarta di Jakarta, Indonesia 19 April 2017./REUTERS/Beawiharta/ /

 

GALAMEDIANEWS - Musim pemilihan presiden di Indonesia telah dimulai dengan pendaftaran calon presiden yang berlangsung.

Ini adalah pemilihan penting di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dengan lebih dari 205 juta pemilih yang akan menentukan siapa yang akan memimpin negara dengan ekonomi lebih dari 1 triliun dolar AS.

Tiga kandidat utama yang diharapkan akan bertarung dalam pemilihan tersebut adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan gubernur populer Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Siapa Cawapres Prabowo Subianto? Ini Bocorannya, Ternyata....

Pendaftaran calon berlangsung selama tujuh hari sejak Kamis, 19 Oktober 2023, dan calon juga akan menentukan pasangan mereka untuk pemilihan ini.

Prabowo Subianto: Pencalonan Ketiga dalam Pemilu Presiden

Prabowo Subianto, mantan komandan pasukan khusus, akan mencalonkan diri untuk ketiga kalinya dalam pemilihan presiden. Pada pemilihan sebelumnya, dia kalah dari Presiden Joko Widodo, yang lebih dikenal sebagai Jokowi, pada tahun 2014 dan 2019.

Meskipun dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia pada tahun 1990-an, Prabowo memiliki basis pendukung yang kuat.

Dalam pemilihan sebelumnya, dia bersekutu dengan kelompok Islam konservatif dan partai politik yang dikritik karena memicu ketegangan komunal.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x