Bitcoin Terus Menguat ke Puncak Tahun 2023 dengan Antisipasi Lonjakan ETF di Pasar Asia

- 24 Oktober 2023, 14:01 WIB
Ilustrasi Bitcoin 
Ilustrasi Bitcoin  /Pierre Borthiry - Peiobty/unsplash/

 

GALAMEDIANEWS - Pasar cryptocurrency mengalami lonjakan signifikan di Asia, dengan Bitcoin menguat hingga mencapai puncak tertinggi dalam hampir 18 bulan, dipicu oleh spekulasi bahwa exchange-traded fund (ETF) Bitcoin akan segera hadir.

Harga Bitcoin meningkat lebih dari 6% menjadi $35.198, mencapai level tertinggi sejak Mei 2022. Pada hari sebelumnya, Bitcoin sudah mengalami lonjakan sebesar 10% dalam sesi terbaiknya selama hampir setahun, dan harga Bitcoin telah melonjak dua kali lipat sepanjang tahun 2023.

Saham-saham terkait cryptocurrency, seperti Coinbase Global (COIN.O) dan pemilik Bitcoin, MicroStrategy (MSTR.O), juga naik dalam perdagangan setelah jam kerja. Cryptocurrency Ether bahkan berhasil menembus level $1.800.

Exchange-traded fund (ETF) yang memiliki Bitcoin untuk investor dilihat sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan siapa saja yang ragu untuk berdagang di pasar cryptocurrency memiliki cara untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin melalui pasar saham.

Baca Juga: Bitcoin Meroket ke Level Tertinggi dalam 3 Bulan, Dorong Kenaikan Saham Crypto

Raksasa investasi BlackRock (BLK.N) adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang telah mengajukan aplikasi untuk ETF Bitcoin di Amerika Serikat. Spekulasi mengenai kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin ini diperkuat oleh pencantuman iShares ETF BlackRock di situs web lembaga kliring DTCC.

Antisipasi terus tumbuh setelah laporan bulan ini, termasuk dari Reuters, bahwa pengawas pasar, U.S. Securities and Exchange Commission, tidak akan mengajukan banding atas putusan pengadilan yang menyatakan bahwa mereka salah dalam menolak aplikasi ETF dari Grayscale Investments.

"Nilai dari aset... apapun aset pada dasarnya, adalah jumlah orang yang menggunakannya. Jadi, ETF akan menciptakan audiens yang besar dan meningkatkan likuiditas," kata Steen Jakobsen, CIO di Saxo.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x