Bitcoin Meroket ke Level Tertinggi dalam 3 Bulan, Dorong Kenaikan Saham Crypto

- 24 Oktober 2023, 07:16 WIB
Harga Bitcoin capai level tertinggi dalam tiga bulan terakhir sampai 30.000 dolar AS
Harga Bitcoin capai level tertinggi dalam tiga bulan terakhir sampai 30.000 dolar AS /André François McKenzie/unsplash/

GALAMEDIANEWS - Dalam perkembangan terbaru, Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia, mencapai level tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Pada hari Senin, nilai Bitcoin melonjak sebesar 4,73% mencapai $31.420. Kenaikan ini disambut dengan antusiasme investor terkait kemungkinan adanya exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot.

Kenaikan Bitcoin ini turut mengerek harga saham perusahaan-perusahaan terkait mata uang kripto dan teknologi blockchain, seperti Coinbase Global yang naik sebesar 6,5% dan Marathon Digital Holdings yang melonjak hingga 11,9%. Saat ini, Bitcoin telah naik lebih dari 18% dari level terendah tahun ini sebesar $26.533 pada tanggal 11 Oktober.

Kenaikan ini juga terjadi di tengah kekhawatiran yang meluas di pasar-pasar global terkait potensi konflik regional yang lebih luas akibat perang Israel dengan kelompok Islam Hamas.

Baca Juga: Harga Bitcoin Tembus 30.000 Dolar AS, Menguat 10% Hanya dalam Seminggu

"Kami melihat ketegangan geopolitik baru-baru ini mendorong permintaan akan aset-aset langka, termasuk emas fisik dan Bitcoin, yang banyak dianggap oleh investor sebagai 'emas digital'," kata Zach Pandl, Direktur Manajemen Risiko Grayscale Investments, manajer aset kripto.

Pada hari Senin, yield (imbal hasil) obligasi AS 10 tahun mencapai level tertinggi sebesar 5,021%, yang merupakan tahap terbaru dari penjualan yang berkelanjutan di pasar obligasi pemerintah.

Sebelumnya, pada tanggal 16 Oktober, Bitcoin sempat melonjak setelah laporan berita yang keliru mengenai pengajuan yang menonjol dari manajer aset BlackRock terkait ETF Bitcoin spot, yang akan melacak harga dasar token ini. Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) masih memeriksa proposal ini dan diperkirakan akan mengambil keputusan paling lambat tahun depan.

"Selama sebulan terakhir, kepercayaan investor yang semakin meningkat terhadap persetujuan mendekati ETF Bitcoin spot telah mendorong momentum yang signifikan bagi Bitcoin," ujar Matteo Greco, analis riset di Fineqia, investor yang fokus pada kripto dan teknologi finansial.

Selain Bitcoin, Ether, mata uang terkait jaringan blockchain Ethereum, juga mengalami kenaikan sebesar 2,79% mencapai $1.710,6 pada hari Senin.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x