Bantah Hoax, Propaganda Tentara Penjajah Israel Kibarkan Bendera Israel di tengah Jalur Gaza Palestina

- 30 Oktober 2023, 09:05 WIB
Tangkap Layar Video Propaganda tentara Penjajah Zionis Israel Kibarkan Bendera Israel di tengah Jalur Gaza Palestina
Tangkap Layar Video Propaganda tentara Penjajah Zionis Israel Kibarkan Bendera Israel di tengah Jalur Gaza Palestina /tangkap layar/x.com @IsraelHayomHeb/

GALAMEDIANEWS - Sebuah video klip yang mengklaim bahwa tentara pendudukan Israel tiba di tengah Gaza dan mengibarkan bendera Israel di pusat Jalur Gaza Palestina telah menjadi perbincangan di media sosial.

Namun, berdasarkan analisis yang dilakukan oleh ICAD (Institute for Conflict Analysis and Resolution), klip tersebut terbukti tidak akurat. Mari kita simak fakta-fakta mengenai peristiwa ini.

Klip ini telah disebarkan dalam berbagai bahasa, termasuk Ibrani dan Arab, dengan klaim bahwa pasukan Israel telah mencapai pusat Gaza. Namun, ICAD melakukan analisis mendalam terhadap klip tersebut dan menemukan sejumlah fakta yang mencurigakan.

Baca Juga: Bantah Hoax, Propaganda Israel Klaim Pendaratan Militer di Pantai di Rafah Jalur Gaza Palestina

Melalui analisis mereka, ditemukan bahwa bangunan yang terlihat dalam klip ini cocok dengan villa yang dikenal sebagai "Chalet Five Star" di Google Maps. Villa ini terletak di pantai di sebelah barat laut Jalur Gaza, sekitar 3 kilometer dari pagar perbatasan di utara Jalur Gaza.

Gambar satelit juga menunjukkan bahwa wilayah antara pagar perbatasan dan lokasi villa ini sebagian besar adalah area pertanian, dengan sebagian besar bangunan berupa resor wisata.

Baca Juga: Serangan Darat Penjajah Zionis Israel di Jalur Gaza Tidak Menghasilkan Keberhasilan yang Berarti

Kesimpulan dari analisis ini adalah bahwa video tersebut sebenarnya tidak diambil di pusat Gaza, melainkan di salah satu villa di sekitar pantai utara Jalur Gaza, yang merupakan area yang sebagian besar tidak dihuni.

Penting untuk dicatat bahwa klaim yang menyesatkan ini muncul dalam konteks upaya baru-baru ini oleh tentara pendudukan Israel untuk melakukan invasi darat terbatas ke Gaza. Hal ini menciptakan perpecahan politik di Israel terkait langkah tersebut.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: x.com @EekadFacts


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x