Bantah Hoax, Propaganda Israel Klaim Pendaratan Militer di Pantai Rafah Jalur Gaza Palestina

- 30 Oktober 2023, 08:39 WIB
Penjajah Zionis Israel  klaim bahwa mereka telah melakukan invasi darat ke Gaza melalui pantai Rafah
Penjajah Zionis Israel klaim bahwa mereka telah melakukan invasi darat ke Gaza melalui pantai Rafah /tangkap layar/ xcom @Eekadfact/

GALAMEDIANEWS - Dua hari yang lalu, ICAD (Institute for Conflict Analysis and Resolution) mengungkap kebenaran di balik klaim penjajah Zionis Israel bahwa mereka telah melakukan invasi darat ke Gaza melalui pantai Rafah.

Saat ini, ICAD kembali menyoroti klaim pendaratan militer di tepi pantai Jalur Gaza. Bagaimana penelusuran fakta ini mengungkapkan kebenaran di balik operasi tersebut?

Operasi ini dilaporkan melibatkan unit komando Israel, Shayetet 13 Commando, yang diklaim berhasil mendarat dengan sukses di selatan Jalur Gaza dan menghancurkan salah satu markas pasukan khusus angkatan laut dari faksi perlawanan. 

Video yang dirilis oleh penjajah Zionis Israel menunjukkan kapal-kapal militer menyerang sebuah bangunan di pantai, diikuti oleh pendaratan tentara di pantai dan penembakan ke bangunan yang sama dari jarak dekat. Namun, apakah klaim ini benar adanya?

Baca Juga: Israel Ancam Bombardir Rumah Sakit al-Quds di Jalur Gaza, Korban Tewas Sudah Capai 8.000 Jiwa

Melalui analisis fitur geografis yang terlihat dalam video dan perbandingan dengan gambar satelit, ICAD berhasil menemukan bahwa pendaratan militer itu terjadi di Rafah Beach, tepat di sebelah lapangan sepak bola. 

Bangunan yang menjadi sasaran operasi ini berjarak hanya 1.760 meter dari perbatasan maritim Mesir dan berada tepat di tepi pantai, bukan di dalam wilayah Gaza yang lebih dalam.

Gambar dari video yang dirilis oleh okupasi Israel menunjukkan bagaimana tentara mencoba menyerbu bangunan itu dari sisi pagar berjala dan tangga yang mengelilingi kedua sisi stadion, dan ternyata, tangga dan pagar tersebut terlihat di Google Maps.

Namun, yang menjadi sorotan adalah fakta bahwa dalam video tersebut tidak terdapat bukti adanya baku tembak atau pertempuran yang seharusnya terjadi dalam situasi tersebut, seperti yang dinyatakan oleh okupasi Israel. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: x.com @EekadFacts


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x