BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Termasuk Jawa Barat Berpotensi Alami Hujan Lebat

- 31 Oktober 2023, 15:07 WIB
BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Termasuk Jawa Barat Berpotensi Alami Hujan Lebat.
BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Termasuk Jawa Barat Berpotensi Alami Hujan Lebat. /Misbahul Aulia/unsplash/

GALAMEDIANEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang menarik perhatian bagi sejumlah wilayah di Indonesia. Pada Selasa, 31 Oktober 2023, BMKG mengingatkan masyarakat akan potensi hujan lebat yang dapat mengganggu aktivitas harian.

Dalam peringatan cuaca ini, kita akan mengeksplorasi wilayah-wilayah yang berpotensi terkena dampak cuaca ekstrem, faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca saat ini, dan saran dari BMKG untuk mewaspadai kondisi ini.

Potensi Hujan Lebat di Berbagai Wilayah

Menurut BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia memiliki potensi tinggi untuk mengalami hujan lebat. Wilayah-wilayah yang terkena dampak potensi hujan lebat termasuk Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Jakarta Hujan Lebat, Simak Tips Mengatasi Bocor dan Banjir di Rumah saat Menghadapi Musim Hujan

Faktor-faktor cuaca seperti sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Aceh, Kalimantan Barat bagian utara, dan Samudera Pasifik utara Papua menciptakan daerah pertemuan angin atau konvergensi yang memanjang di berbagai perairan. Daerah-daerah konvergensi lainnya juga terpantau di sepanjang pesisir Bengkulu hingga Sumatera Barat, perairan utara Filipina, Papua Barat hingga Maluku Utara, dan Papua bagian tengah.

Kondisi ini memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan hujan lebat dan kondisi cuaca ekstrem lainnya.

Baca Juga: BMKG Waspadai Potensi Hujan Lebat, Petir hingga Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Provinsi 

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x