Wilayah Sulawesi Utara Diguncang 62 Kali Gempa, Simak Penjelasan BMKG

- 14 Oktober 2023, 22:07 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /Pinterest/

GALAMEDIANEWS - Sebanyak 62 gempa tektonik mengguncang wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya terhitung 6-12 Oktober 2023.

Peristiwa gempa tersebut diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu, 14 Oktober 2023.

"Hanya saja, satu gempa bumi saja yang dirasakan," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Winangun, Sulawesi Utara, Muhammad Zulkifli di Manado seperti dikutip Galamedianews dari Antara.

Ia menyebutkan satu-satunya gempa yang bisa dirasakan di Kota Gorontalo, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, Bolaang Mongondow Utara, Buol, Toli-Toli, dan dan Boalemo.

Baca Juga: 9 Jenis Teh Herbal, Untuk Atasi Stres dan Kesehatan Otak

Dari 62 kejadian gempa tersebut, ia menyatakan, sebagian besar (61,29 persen) memiliki magnitudo pada kisaran 3 hingga 4,9, sedangkan sebesar 37,10 persen memiliki magnitudo kurang dari tiga dan 1,61 persen bermagnitudo lebih dari atau sama dengan lima.

Baca Juga: Cari Makanan Sushi di Cimahi ? Berikut 3 Rekomendasi Sushi yang Enak di Cimahi

Berdasarkan kedalaman gempanya, berdasarkan data BMKG sebesar 58,06 persen di antaranya adalah gempa bumi berkedalaman dangkal (antara 1-60 kilometer).

Pada peta seismisitas atau peta episenter, ia mengatakan, sebagian besar kejadian gempa bumi tersebar di area Teluk Tomini, Laut Maluku bagian utara, dan Kepulauan Talaud.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah