Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Ringan hingga Berawan di Kota-kota Besar Indonesia

- 7 Agustus 2023, 07:05 WIB
Ilustrasi - Suasana di kawasan Taman Alun-Alun Kapuas yang diselimuti awan gelap dan cuaca mendung di Pontianak, Kalimantan Barat
Ilustrasi - Suasana di kawasan Taman Alun-Alun Kapuas yang diselimuti awan gelap dan cuaca mendung di Pontianak, Kalimantan Barat /ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aa./

GALAMEDIANEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di Indonesia, di mana mayoritas kondisi cuaca dipengaruhi oleh daerah konvergensi dan pertemuan angin atau konfluensi. Kondisi ini dapat menyebabkan hujan ringan hingga cuaca berawan di beberapa wilayah.

Menurut Prakirawan BMKG, Yuni Maharani, kondisi cuaca seperti ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di daerah-daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

BMKG melaporkan bahwa suhu rata-rata hari ini berada antara 18 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 50 hingga 100 persen.

Di Pulau Sumatra, cuaca berawan berpotensi terjadi di kota-kota seperti Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung, sementara kabut mungkin terjadi di Jambi dan Palembang.

Selanjutnya, hujan ringan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Padang, Bengkulu, dan Pangkal Pinang, dengan hujan lebat hanya di Medan.

Baca Juga: Wisata Kuliner di Bogor Yuk! Ini Dia 5 Tempat Mie Ayam Terkenal Enak, Mantul, dan Sangat Legendaris

Berpindah ke Pulau Jawa, BMKG memprakirakan cuaca umumnya cerah hingga berawan, dengan potensi kondisi berawan di Bandung, Semarang, dan Surabaya, sementara Yogyakarta kemungkinan akan cerah berawan. Jakarta dan Serang diprakirakan mengalami hujan ringan.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca umumnya berawan, dengan Mataram berpotensi berawan dan Denpasar serta Kupang kemungkinan mengalami cuaca cerah berawan.

Mayoritas wilayah di Pulau Kalimantan berpotensi hujan ringan, kecuali Banjarmasin yang diprakirakan hanya berawan.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x