Ada Permintaan Uang di Program PTSL, Sertifikat Tanah Milik Warga Desa Kertawangi Justru Lenyap

- 1 November 2023, 10:03 WIB
 Ilustrasi Sertifikat Tanah program PTSL / Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi Sertifikat Tanah program PTSL / Pikiran Rakyat.com /

GALAMEDIANEWS - Salah satu warga bernama Ecin Kuraesin (55) dari Kp. Cipeusing, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengeluhkan terkait sertifikat tanah miliknya yang sudah tiga tahun belum diterima.

Menurut Ecin, pihaknya mengikuti salah satu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019, yang salah satunya biaya ketika Pra-PTSL dengan dibantu atau diakomodir Pemerintah Desa (Pemdes).

Baca Juga: Nonton Konyaku Haki sareta Reijou wo Hirotta Ore ga Episode 5 Sub Indo Resmi Bukan Otakudesu dan Anoboy

Ia pun menyampaikan sudah melakukan pembayaran pendaftaran senilai Rp 150 ribu. Namun, sertifikat tanah miliknya tersebut justru tidak diterima hingga saat ini.

"Saya sudah membayar pendaftaran Rp. 150.000, tapi sertifikat tanah saya tidak ada, dan sudah 3 tahun, saya harus minta tolong sama siapa?," ujarnya saat ditemui, Rabu, 1 November 2023.

Selain itu, Ecin mengaku, sudah beberapa kali mendatangi Desa Kertawangi dengan bertemu Kepala Dusun (Kadus) dan Kepala Desa (Kades) untuk menagih sertifikat tanah miliknya. Akan tetapi, pihak Desa yang mengurusi program PTSL di tahun 2019 berdalih tidak tahu.

"Saya sudah cape datang ke Desa Kertawangi untuk minta penjelasan dimana sertifikat tanah saya, Kadus dan Kadesnya hanya janji tapi sampai saat ini tidak ada bukti keberadaan sertifikat tanah saya ada dimana," ucapnya.

Selanjutnya, Ecin menyampaikan, Kadus bersama Kades Kertawangi tidak ada itikad baik untuk mencari keberadaan sertifikat tanah miliknya. Padahal, Desa Kertawangi yang mengurus semua sertifikat tanah di program PTSL 2019.

Baca Juga: Prediksi Skor Piala Liga Inggris Man United vs Newcastle 2 November 2023: Lengkap dengan H2H sampai Line Up

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x