Sosok Abu Obeida, Seorang Juru Bicara Brigade Al-Qassam dari Hamas, Berikut Profilnya

- 3 November 2023, 15:54 WIB
Juru Bicara Hamas dari Brigade Al-Qassam Abu Obeida, Menyampaikan kabar baik kepada para tahanan dan rakyat kami bahwa Brigade Al-Qassam telah menangkap puluhan perwira dan tentara, dan mereka telah diamankan di tempat yang aman dan terowongan perlawanan.
Juru Bicara Hamas dari Brigade Al-Qassam Abu Obeida, Menyampaikan kabar baik kepada para tahanan dan rakyat kami bahwa Brigade Al-Qassam telah menangkap puluhan perwira dan tentara, dan mereka telah diamankan di tempat yang aman dan terowongan perlawanan. / x.com / WarMonitors //


GALAMEDIANEWS - Selama bertahun-tahun, dan khususnya sejak tahun 2006, Abu Obeida seorang juru bicara Brigade Al-Qassam Hamas menjadi sosok ikonik bagi rakyat Jalur Gaza dan Palestina secara keseluruhan dalam perlawan terhadap penjajah Zionis Israel, dan akhirnya di seluruh Timur Tengah dan dunia Muslim.

Dilihat dari posting media sosial dan liputan media di luar wilayah Palestina, nampaknya citra Abu Obeida telah berkembang untuk mewakili sesuatu yang jauh lebih besar daripada Palestina dan sekitarnya. Dengan kata lain, Abu Obeida sekarang menjadi fenomena internasional.

Untuk mengurangi kekuatan merek tersebut, Israel telah membuat berbagai klaim tentang identitasnya, memberinya wajah dan nama, dan sering mengklaim bahwa mereka telah menghancurkan rumahnya berkali-kali - pada tahun 2008, 2012, 2014, dan lagi, dalam perang berkelanjutan di Gaza.

Sumber media Israel, mengutip intelijen Israel, mengatakan bahwa Abu Obeida berasal dari desa Ni'ilya, salah satu dari banyak desa Palestina yang diduduki dan dihancurkan oleh Israel pada tahun 1948 ketika negara tersebut didirikan di atas reruntuhan Palestina sejarah.

Baca Juga: Pasukan Penjajah Israel Kesulitan Hadapi Hamas di Jalur Gaza Palestina

Pada bulan Juli 2014, surat kabar Israel Yediot Ahronot mengklaim bahwa Abu Obeida telah memperoleh gelar master dari Universitas Islam di Gaza, bahkan sampai menentukan judul disertasinya, bahkan topik disertasi PhD-nya.

Namun, kenyataannya, kita sama sekali tidak mengetahui banyak tentang Abu Obeida. Berbeda dengan Mohammed Deif, komandan jenderal Al-Qassam Brigades, bahkan foto-foto awal Abu Obeida tidak tersedia.

Yang pasti, Abu Obeida tampaknya tidak tertarik untuk mencari ketenaran atau pengakuan di luar perannya saat ini sebagai jurubicara salah satu kelompok Perlawanan Palestina terkuat - jika bukan yang terkuat - dalam sejarah.

Abu Obeida pertama kali muncul pada tahun 2006. Pada saat itu, ia berbicara dengan lugas, tegas, dan dengan nada emosional yang telah menandai semua pernyataannya dalam 17 tahun terakhir.

Baca Juga: Persatuan Ulama Muslim Internasional Keluarkan Fatwa Intervensi Militer Dukung Hamas Jalur Gaza Palestina

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Palestine Chronicle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x